HappyFresh Incentive Banner

Cek Diskon Terbaru!

Merayakan hari jantung sedunia nampaknya kita perlu kembali mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung. Di sini HappyFresh ingin berbagi informasi cara mencegah penyakit jantung. Melansir dari Kompas, kematian setiap tahunnya akibat penyakit jantung secara global bisa mencapai 18,7 juta. Hal ini juga menunjukkan bahwa sebagian orang masih belum mengenal gejala serangan jantung. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 5 cara mencegah penyakit jantung.

1. Cara mencegah penyakit jantung bisa dilakukan dengan memerhatikan pilihan menu makanan

cara mencegah penyakit jantung-makanan-penuh-nutrisi

Ada banyak pilihan makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung antara lain ikan salmon atau tuna yang kaya akan omega 3, sayuran seperti bayam, selada, wortel, brokoli dengan kandungan vitamin C, kalium, dan folat yang dapat meningkatkan fungsi jantung. Lalu bisa juga mengonsumsi buah-buahan seperti apel yang kaya antioksidan.

2. Usahakan untuk tetap aktif dan rutin berolahraga

memperingati hari jantung sedunia-cara gaya hidup sehat

Dilansir dari hello sehat, menghindari penyakit jantung bisa dilakukan dengan cara berolahraga setidaknya 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu. Kamu bisa memulainya dengan jogging, berjalan kaki, naik sepeda, yoga, berenang, dan latihan angkat beban.

3. Rajin minum air putih juga menjadi salah satu cara mencegah penyakit jantung

manfaat air putih untuk mencegah penyakit jantung

Cara ini terbilang sederhana namun seringkali disepelekan. Mengonsumsi air putih secara rutin bisa membantumu terhindari dari dehidrasi yang dapat menganggu fungsi tubuh termasuk jantung.

4. Rutin berjemur di bawah sinar matahari

cara mengurangi gangguan kecemasan yang juga dapat mengurangi gejala serangan jantung

Berjemur tiap pagi tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun tubuh tetapi juga membantu kinerja jantung untuk memompa darah. Sinar matahari juga dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh plak pada pembuluh darah.

5. Mengelola stres dengan baik

Cara menghilangkan stres untuk mengurangi gejala serangan jantung

Dikutip dari halodoc, stres memengaruhi perubahan pada tubuh dalam cara pembekuan darah sehingga serangan jantung lebih mungkin terjadi. Saat kamu sedang berada dalam tekanan cobalah untuk mengatur nafas agar tenang atau jika memiliki waktu luang coba untuk melakukan meditasi atau yoga.

Itulah kelima cara mencegah penyakit jantung yang bisa kamu lakukan. Bersamaan dengan hari jantung sedunia, yuk bersama-sama jaga yang terkasih dengan membagikan informasi di atas untuk menghindari gejala serangan jantung.

Nah, jika soal jaga kualitas serahkan ke personal shopper HappyFresh aja. Belanja pakai aplikasi HappyFresh akan dibantu oleh personal shopper yang punya #JurusBelanja untuk pilihkan produk-produk sesuai preferensi kamu.

Mau coba belanja sekarang? Klik tombol di bawah ini yuk!

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: 4 Makanan Sehat untuk Jantung

Makanan Sehat


Referensi: