Cek Diskon Terbaru!

Saat lebaran berat badan cenderung naik nih. Kamu juga ‘kan? It’s okay! Setelah lebaran kita bisa kembali mengatur pola makan dengan tips diet sehat ini. Di sini HappyFresh akan membagikan cara diet yang sehat termasuk info seputar makanan diet sehat yang bisa kamu buat di rumah.

Sebelum membahas lebih lanjut ke tipsnya, kita perlu memahami dulu soal diet sehat yang benar. Dilansir dari Hello Sehat, diet tidak hanya sekadar menurunkan berat badan.

Diet sehat adalah memberikan asupan kalori sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Jika kalori yang diberikan tepat maka akan terjadi keseimbangan energi.

Nah, jika kamu mengonsumsi kalori lebih dari kebutuhan yang sebenarnya, hal inilah yang menyebabkan berat badanmu bertambah.

Kenapa bisa begitu? Pasalnya, kalori ekstra yang kamu dapatkan akan disimpan sebagai lemak dan tidak digunakan.

Masih bingung? Melansir dari Alodokter, pada dasarnya diet sehat adalah tentang mengatur pola makan, termasuk memilih jenis makanan sehingga semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi.

Lalu bagaimana sih cara diet yang sehat? Scroll terus sampai bawah yah!

Tips diet sehat yang aman bagi tubuh

1. Menghitung kebutuhan kalori tubuh

cara diet yang sehat

Langkah tepat untuk diet adalah memahami kebutuhan kalori tubuh. Perlu diingat pula, jika kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda.

Kebutuhan kalori juga tergantung pada faktor usia, jenis kelamin, usia, gaya hidup serta tinggi dan berat badan.

Untuk informasi soal menghitung kalori, kamu bisa melihat lebih lengkap dari Alodokter.

2. Mengatur porsi makanan pada piringmu

cara diet yang sehat

Ideal porsi makananmu harus dipenuhi dengan seperempat sumber protein, seperempat karbohidrat, dan sisanya untuk buah dan sayuran.

Usahakan untuk memilih jenis karbohidrat sehat seperti beras merah atau kentang.

Butuh inspirasi menu sehat? Klik di sini!

3. Tips diet sehat setelah lebaran lainnya butuh displin nih, yaitu pastikan jadwal makanmu tetap teratur

makanan diet sehat

Perlu diingat, melewatkan jam makan tidak akan membuat berat badan menurun. Cara ini justru akan membuatmu semakin mudah lapar, dan tingkat gula darah dapat menurun drastis.

Sebaiknya tetap ikuti jadwal makan secara teratur atau bisa membagi waktu menjadi 6 kali makan dalam porsi yang kecil. Tapi tetap hindari makanan tinggi lemak dan kalori yah.

Slide 1
 

4. Sertai diet sehat dengan olahraga

tips diet sehat

Usahakan untuk meluangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, kamu bisa memulainya dengan berjalan kaki di sekitar lingkungan rumahmu.

5. Memilih camilan rendah kalori

makanan diet sehat

Kamu suka ngemil? Tenang aja, jangan biarkan momen diet membuatmu tersiksa.

Ada beragam camilan rendah kalori yang bisa jadi alternatif untukmu seperti greek yoghurt dengan buah-buahan, pisang dengan selai kacang, keripik ubi panggang, gluten free muffin, dan lainnya.

Itulah tips diet sehat setelah lebaran yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kuncinya agar diet berhasil adalah melakukannya dengan sabar dan tidak mengharapkan hasil yang instan.

Biar kamu tetap fokus mengubah gaya hidup sehat, HappyFresh bisa membantumu dalam urusan kebutuhan rumah. Personal shopper HappyFresh terlatih memilihkan produk pesananmu yang berkualitas baik.

Siap belanja sekarang? Klik tombol di bawah ini.

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: 5 Mitos dan Cara Diet Sehat yang Jarang Diketahui!

cara diet sehat


Referensi: