Belanja sekarang!

Siapa sih yang tidak kenal sama buah yang satu ini? Ya, anggur merah. Nah, di balik rasanya yang enak dan segar, anggur merah menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat anggur merah tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat anggur merah untuk kesehatan

Besarnya khasiat anggur merah untuk kesehatan tubuh kita tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Dilansir dari WebMD, nutrisi yang terkandung pada buah anggur merah meliputi:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Potasium
  • Serat
  • Karbohidrat

Nah, ini dia macam-macam manfaat anggur merah yang perlu kamu tahu:

1. Meningkatkan imun tubuh

Vitamin C yang terkandung pada buah anggur merah membuatnya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh kalau kamu mengonsumsinya secara rutin.

2. Mencegah kanker

Anggur merah juga diperkaya oleh kandungan zat antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari yang namanya penyakit kanker!

3. Menurunkan tekanan darah

Anggur merah adalah buah yang kandungan sodiumnya rendah. Ini menjadikan buah tersebut juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah penyakit jantung

Manfaat anggur merah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mencegah penyakit jantung. Pasalnya, buah anggur merah mengandung potasium dalam jumlah banyak.

Dilansir dari Cleveland Clinic, sebuah penelitian mengungkapkan kalau potasium dapat mencegah penyakit jantung.

5. Menurunkan kolesterol

Sementara itu, kandungan serat pada buah ini diklaim dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Nah, kolesterol memang sangat berbahaya buat tubuh, lho karena bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke.

6. Mencegah diabetes

Khasiat anggur merah lainnya adalah mencegah penyakit diabetes. Ini karena anggur merah memiliki kandungan gula yang tergolong rendah.

Sementara bagi penderita diabetes, mengonsumsi anggur merah secara rutin bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuhnya.

7. Menjaga kesehatan otak

Menjaga kesehatan otak menjadi manfaat lainnya yang dimiliki sama buah yang juga suka diolah menjadi minuman anggur merah ini.

Lagi-lagi hal ini berkat adanya zat resveratrol di dalamnya. Menurut penelitian, zat tersebut terbukti efektif melawan stres oksidatif yang bisa mengganggu fungsi otak, lho!

8. Menjaga kesehatan tulang

Mengonsumsi anggur merah secara rutin juga bisa membuat tulang kamu sehat. Ini karena buah anggur merah mengandung vitamin K dan mineral yang memang merupakan nutrisi yang diperlukan tulang agar tetap sehat.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Kamu sering mengalami susah tidur alias insomnia? Kalau iya, maka salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan makan anggur merah.

Menurut penelitian, kandungan melatonin pada buah anggur merah cukup untuk membantu kamu bisa tidur dengan lelap di malam hari.

10. Mencegah penuaan dini

Manfaat anggur merah yang satu ini juga dihasilkan oleh zat resveratrol yang dimilikinya. Zat tersebut diklaim dapat melindungi sel-sel kulit agar tidak mengalami kerusakan yang berakibat pada terjadinya penuaan dini.

Cara mengolah anggur merah menjadi makanan sehat

Nah, sudah tahu dong sekarang kalau manfaat anggur merah itu penting banget bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi buah anggur merah secara rutin.

Ada beberapa cara mengolah anggur merah menjadi makanan yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Di antara berbagai macam resep anggur merah tersebut adalah:

  • Minuman smoothie anggur merah
  • Salad buah anggur merah
  • Salad ayam campur anggur merah
  • Yogurt anggur merah

Kamu bisa beli buah anggur merah di HappyFresh! Personal Shopper terlatih bakal pilihin anggur merah berkualitas yang pastinya segar dan menyehatkan buat kamu.

Belanja anggur merah di HappyFresh juga bisa dikirim di hari dan jam sesuai preferensi kamu, lho! Pokoknya, semua #BisaDiatur deh! Ditambah lagi banyak promo menarik setiap harinya. Yuk, belanja sekarang juga di HappyFresh!


Baca juga: 10 Manfaat Beetroot bagi Kesehatan & Cara Mengolahnya

manfaat beetroot


Referensi: