Belanja sayur gratis ongkir? Klik di sini!

Timun jepang adalah tanaman yang bentuknya mirip dengan timun lokal yang biasa kita kenal. Namun, ternyata mentimun Jepang berbeda dengan timun lokal ataupun zucchini, lho! Lalu, bagaimana manfaat timun Jepang untuk kesehatan? Apa saja bedanya dengan jenis timun lainnya?

Apa itu timun Jepang?

Timun Jepang (Kyuri) adalah timun yang—sesuai dengan julukannya—memang berasal dari Negeri Sakura tersebut. Kendati memiliki bentuk yang mirip timun, soal rasa buah ini lebih mirip dengan labu atau melon.

Melansir DokterSehat, mentimun Jepang yang kerap diolah menjadi makanan salad dan asinan ini mengandung banyak nutrisi penting, yaitu:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Mangan
  • Potasium
  • Magnesium
  • Kalsium

Manfaat timun Jepang untuk kesehatan

Adanya kandungan sejumlah nutrisi di atas menjadikan kyuri memiliki beragam manfaat untuk tubuh kita. Manfaat timun Jepang tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mencegah dehidrasi

manfaat timun jepang

Mentimun Jepang kaya akan kandungan air. Hal ini menjadikannya dapat memenuhi bahkan hingga 40 persen kebutuhan cairan tubuh dan mikronutrien harian. Syaratnya, kamu harus mengonsumsi setidaknya 2 buah kyuri setiap hari.

2. Melawan radikal bebas

manfaat timun jepang

Manfaat mentimun Jepang selanjutnya adalah untuk melawan radikal bebas. Ini karena timun Jepang mengandung vitamin A dan C yang ternyata memiliki sifat antioksidan.

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan merupakan ‘pemeran utama’ dalam hal upaya menangkal serangan radikal bebas. FYI, radikal bebas adalah penyebab dari sejumlah penyakit berbahaya, salah satunya kanker.

3. Meredakan stres

manfaat timun jepang

Stres adalah kondisi yang pasti setiap orang alami. Penyebabnya ada bermacam-macam, mulai dari pekerjaan, Pendidikan, hingga percintaan!

Nah, salah satu cara mengatasi stres secara alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi mentimun Jepang. Kok bisa?

Buah ini mengandung vitamin B. Dilansir dari SehatQ, vitamin B berkhasiat untuk menurunkan kadar hormon kortisol yang kerap memicu rasa stres.

4. Menurunkan berat badan

manfaat timun jepang

Buat kamu yang berencana menurunkan atau menjaga berat badan agar ideal, mentimun Jepang adalah salah satu jenis makanan yang patut dikonsumsi setiap hari. Ini karena kyuri mengandung kalori yang sedikit, yakni hanya sekitar 45 kalori untuk setiap 300 gram-nya.

Tidak hanya itu, kandungan airnya yang melimpah juga membuatnya dapat membantu meluruhkan lemak-lemak tubuh.

5. Menurunkan gula darah

manfaat timun jepang

Menurunkan kadar gula darah, khususnya bagi penderita diabetes, menjadi manfaat timun Jepang lainnya yang tidak kalah penting. Mengonsumsi kyuri secara rutin juga diklaim efektif mencegah penderita diabetes mengalami komplikasi.

6. Menyehatkan pencernaan

manfaat timun jepang

Khasiat mentimun Jepang selanjutnya adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan. Ini karena timun Jepang mengandung serat dalam jumlah banyak.

Menurut penelitian, serat terbukti dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik yang bertugas untuk merawat kesehatan pencernaan.

7. Mencegah penuaan dini

manfaat timun jepang

Kyuri juga sangat baik untuk kulit dan diklaim dapat mencegah berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini.

Manfaat timun Jepang yang satu ini dihasilkan oleh zat antioksidan yang dikandungnya. Selain penuaan dini, masalah kulit lainnya yang bisa dicegah oleh buah ini adalah kulit kering.

Kamu bisa menggunakan mentimun Jepang sebagai masker wajah. Gunakan di malam hari saat tidur untuk hasil yang maksimal, ya.

8. Mengatasi radang

manfaat timun jepang

Sementara itu, kandungan flavonoid-nya menghasilkan manfaat timun Jepang untuk mengatasi peradangan pada tubuh.


Sikat diskonnya!

Perbedaan timun Jepang, timun lokal, dan zucchini

Seperti yang sudah disebut di awal, antara mentimun Jepang, timun lokal, dan zucchini terdapat sejumlah perbedaan walaupun sekilas, ketiganya bisa dikatakan mirip.

Ini dia beda timun Jepang, timun lokal, dan zucchini dilihat dari sejumlah faktor:

1. Bentuk & tekstur

Dari segi bentuk, perbedaan yang bisa dilihat yaitu:

  • Timun Jepang: Bentuk lebih Panjang, warna hijau gelap, terdapat benjolan di permukaan kulit
  • Timun lokal: Bentuk lebih pendek, memiliki warna hijau yang lebih terang, terdapat larik-larik berwarna putih kekuningan pada permukaan kulit
  • Zucchini: Tidak terlalu lonjong, berwarna hijau pekat, tekstur kulit kering dan kasar

2. Rasa

Perbedaan kyuri, timun lokal, dan zucchini dari segi rasa adalah sebagai berikut:

  • Timun Jepang: Rasa tawar, berair, mengandung banyak biji
  • Timun lokal: Rasa tawar, tidak terlalu berair seperti kyuri, mengandung banyak biji
  • Zucchini: Rasa manis, daging cukup padat

3. Kegunaan

Soal kegunaan, ketiganya kerap diolah menjadi jenis makanan yang berbeda-beda, yaitu:

  • Timun Jepang: Diolah menjadi salad
  • Timun lokal: Diolah menjadi lalapan
  • Zucchini: Diolah menjadi masakan matang (sayur, tumisan, gorengan)

Beli timun Jepang berkualitas di HappyFresh Supermarket

Nah, sudah tahu kan apa saja manfaat timun Jepang dan bedanya dengan timun lokal ataupun zucchini? Sekarang, saatnya kamu mulai mengonsumsi buah ini secara rutin agar tubuh selalu sehat.

Gak perlu repot-repot belanja mentimun Jepang, kamu tinggal beli di HappyFresh Supermarket pakai aplikasi HappyFresh! Dijamin produk selalu ready stock dan kamu bisa atur jadwal pengiriman sesuai keinginan mulai dari jam 6 pagi.

Oh iya, khusus di bulan Juni ini, belanja produk segar diskon hingga 22%, lho! Yuk, langsung aja belanja di HappyFresh Supermarket dan nikmati diskonnya!

 

Beli timun Jepang diskon 22% di sini!

BACA JUGA: Manfaat Beetroot bagi Kesehatan & Cara Mengolahnya

manfaat beetroot


Referensi: