Promo sayur & buah terlengkap di sini!

Kalian pernah mendengar nama Zucchini? Sayuran yang disebut sebagai summer squash ini disebut-sebut punya sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Mau tahu apa saja manfaat Zucchini tersebut? Simak penjelasannya berikut ini beserta ide resep Zucchini yang bisa kamu coba di rumah!

Apa itu Zucchini?

Zucchini adalah sejenis buah-buahan yang jika dilihat sekilas, tampak seperti timun. Karena itu, tanaman yang memiliki nama ilmiah Cucurbita Pepo ini kerap juga disebut sebagai timun Jepang. Namun, baik zucchini maupun timun merupakan dua jenis tumbuhan yang berbeda.

Zucchini memiliki tekstur yang empuk dan padat. Permukaan kulitnya cenderung kasar dan kering. Sementara itu, rasanya manis tapi sedikit pahit.

5 resep Zucchini yang lezat & sehat

Zucchini adalah buah yang bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan lezat dan menyehatkan. Nah, kali ini HappyFresh mau kasih beberapa ide resep zucchini yang bisa kamu coba buat di rumah:

1. Mie Zucchini

resep zucchini

(sumber foto: very well fit)

Resep zucchini yang pertama adalah mie zucchini. Cara membuatnya cukup mudah, kamu tinggal iris zucchini secara memanjang agar berbentuk menyerupai mie. Setelah itu, tumis Bersama bumbu-bumbu lainnya sesuai selera seperti bawang, cabai, dan sebagainya.

2. Tumis sayur Zucchini

resep zucchini

(sumber foto: Inspired Taste)

Kamu juga bisa membuat tumis sayur zucchini sebagai menu masakan sehat dan lezat di rumah. Potong tipis zucchini lalu tumis bersama sayuran dan bumbu-bumbu lainnya sesuai selera.

3. Zucchini mozzarella panggang

resep zucchini

(sumber foto: Cut 2 the recipe)

Ide resep zuchhini yang satu ini cocok untuk dijadikan menu camilan. Caranya, potong zucchini menjadi beberapa bagian. Kemudian, taburi dengan keju mozzarella dan panggang selama 5-10 menit di dalam oven.

4. Bakwan Zucchini

resep zucchini

(sumber foto: Taste Australia)

Untuk membuat resep zucchini yang satu ini, kamu memerlukan tepung terigu, telur, garam, dan minyak untuk menggoreng.

Cara membuatnya sangat mudah, Potong zucchini agak tipis, kemudian campurkan dengan tepung terigu dan bahan-bahan lainnya. Aduk hingga menjadi adonan bakwan dan goreng di atas api sedang sampai matang.

5. Zucchini goreng

resep zucchini

(sumber foto: Foodal)

Resep zucchini selanjutnya adalah zucchini goreng. Ini cocok banget buat kamu yang butuh resep mudah dan enak.

Kamu hanya perlu zucchini yang sudah diiris-iris, tepung roti, telur, dan minyak goreng. Celupkan zucchini ke dalam telur lalu balurkan dengan tepung roti. Goreng sampai matang dan zucchini siap kamu nikmati.

Manfaat Zucchini bagi Kesehatan

Tidak cuma enak, zucchini juga baik untuk kesehatan. Manfaat zucchini bagi kesehatan tak lepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Dilansir dari Healthline, zucchini mengandung sejumlah nutrisi penting, yaitu:

  • Protein
  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Mangan
  • Fosfor
  • Tembaga
  • Asam folat
  • Potasium
  • Magnesium
  • Zinc
  • Kalsium
  • Zat besi

Ini dia khasiat buah zucchini yang harus kamu tahu:

1. Meningkatkan imunitas

Kandungan vitamin C pada zucchini menjadikannya efektif untuk meningkatkan imun tubuh. Mengonsumsi buah ini bisa bikin kamu gak mudah terserang penyakit, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

2. Merawat kesehatan mata

Zucchini juga mengandung zat antioksidan, yakni lutein dan zeaxanthin. Kedua zat tersebut menurut penelitian dapat merawat kesehatan mata, lho.

3. Mencegah penyakit kanker

Karena kaya akan kandungan antioksidan, buah zucchini yang disebut juga terong Italia ini berpotensi mencegah kamu dari penyakit kanker!

Antioksidan berperan dalam menangkal serangan radikal bebas yang menjadi salah satu “aktor utama” dari munculnya penyakit kanker.

4. Mengobati diabetes

Diabetes adalah kondisi Ketika kadar gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi. Jika dibiarkan, hal ini bisa berdampak buruk bagi tubuh, bahkan mengancam nyawa!

Salah satu manfaat zucchini juga untuk menurunkan kadar gula darah tersebut, khususnya pada penderita diabetes tipe 2. Ini karena zucchini rendah karbohidrat. Menurut penelitian, makanan yang rendah karbohidrat terbukti dapat menurunkan dan menstabilkan gula darah.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat zucchini lainnya yang gak kalah penting adalah menjaga kesehatan pencernaan. Ini karena zucchini mengandung serat yang menurut banyak penelitian memang terbukti baik untuk sistem pencernaan.

6. Mencegah penyakit jantung

Serat yang terkandung dalam buah zucchini juga menjadikannya baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan sejumlah studi, fiber berperan dalam menurunkan kadar kolesterol.

Seperti yang kita ketahui, kolesterol merupakan salah satu faktor utama terjadinya masalah pada jantung. Jadi, rajin-rajinlah mengonsumsi zucchini agar jantung kamu selalu sehat, ya.

7. Menurunkan berat badan

Buat kamu yang sedang berjuang menurunkan ataupun mengendalikan berat badan, makan zucchini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Buah ini kaya akan kandungan air tapi rendah kalori. Jadi, mengonsumsinya bisa bikin kamu kenyang lebih lama. Frekuensi makan pun lebih terkontrol yang lantas berdampak pada terjaganya berat badan ideal.

8. Menjaga kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang juga menjadi manfaat zucchini yang tidak kalah penting. Hal ini tak lain berkat adanya kandungan kalsium.

Kalsium adalah jenis mineral yang merupakan salah satu nutrisi penting bagi tulang agar tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan seperti osteoporosis dan sebagainya.

Itu dia ide resep zucchini yang bisa kamu coba di rumah. Melihat besarnya manfaat kesehatan yang dimiliki, rasanya kamu perlu menjadikan buah ini sebagai salah satu menu rutin.

Nah, kamu bisa beli zucchini dengan kualitas terbaik di HappyFresh! Personal shopper kami bakal pastiin kalau produk yang kamu beli benar-benar segar dan berkualitas. Selain itu, kamu juga bisa pilih waktu pengiriman belanjaan sesuai keinginan. Pokoknya, semua #BisaDiatur

Yuk, belanja sekarang juga di HappyFresh dan nikmati beragam promo menarik setiap harinya!

Beli zucchini harga termurah sekarang!

BACA JUGA: Resep Trancam Timun Kacang Panjang, Sehat & Enak!

resep trancam timun


Referensi: