Buruan sikat diskonnya!

Dari banyaknya jenis buah yang tumbuh di Indonesia, mangga menjadi salah satu yang paling populer. Rasanya yang manis asam nan segar menjadi alasan kenapa buah ini banyak digemari. Nah, tahukah kamu kalau ada beragam jenis mangga di Indonesia?

Ya, ternyata mangga tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, lho. Yuk, langsung aja simak jenis-jenis mangga berikut ini!

Jenis-jenis mangga yang ada di Indonesia

Mengenal macam-macam jenis mangga di Indonesia bisa jadi menambah pilihan kamu untuk menikmati buah yang satu ini. Ada apa saja sih?

1. Mangga arumanis

jenis mangga

Jenis mangga yang berasal dari Probolinggo ini mungkin sudah gak asing lagi buat kamu. Di Indonesia, mangga arumanis memang bisa dibilang cukup banyak penggemarnya. Hal ini karena aromanya yang harum dan rasanya yang manis, sesuai dengan namanya.

2. Mangga gedong gincu

jenis-jenis mangga gedong gincu

Kota Cirebon juga punya jenis mangga yang dikenal dengan nama gedong gincu. Kalau biasanya mangga memiliki kulit buah berwarna hijau, maka mangga gedong gincu ini punya warna kulit kuning kemerahan.

Selain itu, secara ukuran mangga ini juga lebih kecil ketimbang mangga pada umumnya. Selain di Cirebon, mangga gedong gincu juga dapat ditemui di wilayah Indramayu.

3. Mangga alpukat

macam-macam mangga alpukat

Diberi nama mangga alpukat bukan berarti mangga yang satu ini bentuknya mirip alpukat ya, HappyFresher, hehe. Alih-alih demikian, penamaan tersebut lebih dikarenakan cara memotongnya yang mirip seperti cara memotong alpukat, yakni dipotong bagian tengahnya.

Mangga alpukat sendiri berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Mangga ini berasal dari perkawinan antara mangga madu dan mangga arumanis.

4. Mangga malibu

jenis mangga malibu

Mangga malibu adalah jenis mangga yang sejatinya berasal dari Darwin, Australia. Mangga ini kemudian diekspor ke Indonesia dan jadi cukup populer.

Mangga malibu memiliki warna kulit buah kuning kemerahan. Uniknya, rasa buah ini mirip dengan buah kelapa. Secara ukuran, mangga malibu sedikit lebih besar ketimbang mangga lainnya.

5. Mangga apel

jenis-jenis mangga apel

Mangga apel memiliki bentuk bulat menyerupai buah apel, sehingga tak heran diberi nama demikian.  Mangga ini ternyata berasal dari negara tetanggan kita yaitu Singapura.

Mangga apel sendiri terdiri dari mangga apel merah dan hijau. Mangga apel merah memiliki rasa yang manis dengan tekstur halus. Sementara itu, mangga apel hijau rasanya cenderung asam.

6. Mangga manalagi

macam macam mangga manalagi

Nama mangga yang satu ini juga pastinya udah familiar banget buat warga +62, deh. Mangga ini memiliki daging yang padat, tebal, dan berserat.

Rasanya mirip seperti mangga arumanis. Sementara bentuknya lebih kecil dari jenis mangga lainnya seperti mangga golek.

7. Mangga madu

jenis mangga madu

Kalau kamu suka mangga manis, maka mangga madu ini bisa jadi pilihan selain mangga arumanis. Kulit buah mangga madu berwarna kuning cerah saat sudah matang. Sementara secara ukuran, mangga ini mirip dengan mangga manalagi.

Selain di Indonesia, mangga madu bisa ditemui di sejumlah negara lain seperti Afrika Selatan, Thailand, dan India.

8. Mangga golek

macam-macam mangga golek

Mangga golek memiliki bentuk yang cenderung lonjong. Rasanya manis dan tekstur buahnya cenderung tidak berserat. Mangga ini banyak dibudidayakan di daerah Pasuruan, Indramayu, dan Probolinggo.

9. Mangga Indramayu

jenis mangga indramayu

Punya tekstur lembut dan rasa yang manis, mangga Indramayu juga menjadi salah satu primadona buah di Indonesia. Sesuai dengan namanya, mangga ini berasal dari wilayah Indramayu.

Kulit buah mangga Indramayu berwarna hijau kekuningan, sementara dagingnya berwarna kuning cenderung oranye.

10. Mangga Miyazaki

jenis-jenis mangga miyazaki

Dari namanya, kamu sudah bisa menebak dong dari mana jenis mangga yang satu ini berasal? Ya, Jepang.

Uniknya, mangga Miyazaki ini dibanderol dengan harga yang fantastis, yakni bisa mencapai 63 juta Rupiah! Ini karena buah yang memiliki rasa manis tersebut dibudidayakan menggunakan Teknik yang tergolong sulit sampai-sampai membutuhkan ketelitian tingkat tinggi.

11. Mangga Chokanan

mangga chokanan

Mangga Chokanan adalah buah yang berasal dari Thailand. Mangga ini memiliki kulit buah berwarna kuning. Rasanya manis sama seperti mangga arumanis.

12. Mangga garifta

mangga garifta

Jenis mangga lainnya adalah mangga garifta yang berasal dari wilayah Pasuruan. Kulit buahnya berwarna merah. Sementara itu, daging buahnya berwarna kuning kemerahan dengan rasa yang manis.

Manfaat buah mangga untuk kesehatan

Itu dia jenis jenis mangga yang perlu kamu ketahui. Nah, setelah mengetahui macam-macam mangga, kamu juga harus tahu apa saja manfaat buah mangga biar semakin termotivasi untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. Salah satu peran mangga bagi kesehatan adalah sebagai buah penambah darah sehingga disarankan untuk dikonsumsi para penderita anemia.

Sementara itu, dilansir dari Healthline, manfaat buah mangga untuk kesehatan yang lainnya adalah sebagai berikut:

  • Mencegah diabetes
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Melancarkan pencernaan
  • Merawat kesehatan mata
  • Mencegah kanker

Beli jenis mangga berkualitas di HappyFresh Supermarket

Makan buah mangga secara rutin bisa membuat tubuh kita sehat. Tapi, pastikan mangga yang kamu beli juga memiliki kualitas yang baik, ya.

Nah, kamu bisa beli macam-macam mangga berkualitas di HappyFresh Supermarket. Setiap produk di HappyFresh Supermarket telah melalui uji kualitas yang ketat untuk menjamin kualitas dan kesegarannya.

Belanja di HappyFresh Supermarket juga banyak untungnya. Kamu bisa atur jadwal pengiriman sesuai keinginan dari jam 6 pagi setiap harinya! Selain itu, ada gratis ongkir dan berbagai diskon menarik yang bisa bikin belanja jadi lebih hemat.

Yuk, belanja kebutuhan sehari-hari kamu di HappyFresh Supermarket sekarang juga. Happy shopping!


Baca juga: 5 Jenis Pisang Ini Paling Enak Dijadikan Camilan

Jenis jenis pisang di Indonesia


Referensi: