HappyFresh Incentive Banner

Cek Diskon Terbaru!

Kamu familiar dengan jenis-jenis pisang di Indonesia? Buah pisang menjadi salah satu produk segar yang paling sering dijadikan camilan. Beragam olahan pisang seperti ice cream vegan, smoothies, hingga kolak pisang untuk berbuka sering menjadi pilihan santapan keluarga. Setiap camilan juga menggunakan jenis pisang yang berbeda, kali ini HappyFresh ingin berbagi informasi mengenai hal tersebut. Cek selengkapnya di bawah ini yuk.

1. Pisang Ambon, salah satu jenis pisang yang paling sering ditemui dan digunakan untuk olahan pisang

jenis-jenis pisang di indonesia

Diantara jenis-jenis pisang lainnya, pisang Ambon paling sering dijual di pasar tradisional atau supermarket. Pisang Ambon biasanya memiliki ciri kulit berwarna kuning dengan corak kecoklatan. Teksturnya buahnya juga lembut dan manis hingga bisa dikonsumsi langsung. Biasanya pisang Ambon sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat banana bread.

2. Pisang Kepok memiliki tekstur lebih padat

jenis-jenis-pisang-kepok

Rupa pisang kepok sedikit lebih besar dan tebal dibandingkan pisang Ambon. Tekstur buahnya juga terasa lebih keras dan tidak begitu manis. Pisang kepok jarang dikonsumsi langsung, biasanya jenis pisang ini dijadikan bahan baku utama untuk pisang goreng.

3. Pisang Raja, salah satu jenis pisang dengan nilai jual yang cukup tinggi

olahan pisang raja

Jenis pisang berikutnya yang sering ditemui dan dijadikan olahan adalah pisang raja. Karaketeristik pisang raja biasanya berukuran sedang dengan warna kulit kuning dan corak kehitaman saat matang.

4. Pisang Cavendish populer untuk camilan diet

pisang cavendish-jenis-jenis-pisang

Pasti yang lagi diet familiar dengan jenis pisang ini. Pisang yang berasal dari Amerika ini memiliki warna kulit kuning terang dan halus. Teksturnya cukup tebal dan rasanya juga tidak terlalu manis. Biasanya Pisang Cavendish dijadikan bahan utama untuk smoothies.

5. Pisang Tanduk dengan bentuk unik yang meruncing

olahan pisang tanduk

Jenis pisang ini lebih mudah dikenali ketimbang pisang-pisang lainnya karena bentuknya yang panjang dan meruncing. Pisang tanduk memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan teksturnya lebih padat. Pisang tanduk sering digunakan untuk bahan baku berbagai camilan seperti bolu pisang, pisang kukus, dan lain sebagainya.

Itulah kelima jenis-jenis pisang yang populer untuk dijadikan camilan, favoritmu yang mana nih? Mau stok ulang pisang favoritmu? Pakai HappyFresh aja biar lebih gampang, klik tombol di bawah ini untuk mulai berbelanja.

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: Resep Sale Pisang Kering, Camilan Manis Enak dan Mudah

resep-sale-pisang-manis


Referensi: