Cek Diskon Terbaru!

Blewah dan timun suri adalah buah-buahan yang pastinya sudah tidak asing lagi buat kamu, bukan? Atau, keduanya bahkan menjadi buah favorit kamu? Nah, kamu tahu gak kalau blewah dan timun suri yang biasa kita jumpai saat bulan puasa ini punya sejumlah perbedaan. Apa saja sih perbedaan blewah dan timun suri?

Perbedaan blewah dan timun suri

Walaupun blewah dan timun suri sama-sama “hadir” di bulan puasa, keduanya jelas merupakan dua jenis buah yang berbeda. Berikut ini beda buah timun suri dan blewah yang kamu perlu tahu.

1. Beda blewah dan timun suri dari bentuk

Perbedaan timun suri dan blewah yang pertama bisa kamu lihat dari bentuk buahnya. Bentuk timun suri adalah panjang lonjong dengan rongga dalam yang terdiri dari empat bilik.  Sementara bentuk buah blewah adalah bulat lonjong dengan enam sampai delapan bilik dalam rongganya.

2. Beda blewah dan timun suri dari rasa

Jika ingin tahu apa bedanya blewah dan timun suri, kamu juga bisa mengeceknya dari rasa. Blewah memiliki rasa yang manis. Sementar timun suri cenderung hambar. Nah, kamu lebih suka yang mana, nih?

3. Beda blewah dan timun suri dari berat

Perbedaan blewah dan timun suri selanjutnya terletak pada berat. Dalam kondisi matang, blewah memiliki berat yang melebihi timun suri.

Blewah juga memiliki daya simpan yang lebih lama, yakni 4 hari, ketimbang timun suri yang hanya bisa bertahan maksimal 3 hari.

4. Beda blewah dan timun suri dari warna kulit buah

Bicara soal warna, sebenarnya baik timun suri maupun blewah memiliki warna yang hampir sama, yakni kehijauan, baik saat masih mentah atau sudah matang. Akan tetapi, warna hijau pada timun suri lebih ke arah putih, sedangkan blewah agak kekuningan.

5. Beda blewah dan timun suri dari ketebalan kulit buah

Blewah dan timun suri juga memiliki ketebalan kulit buah yang beda. Kulit buah timun suri cenderung tipis dan halus, sedangkan blewah agak tebal.

6. Beda blewah dan timun suri dari bentuk biji

Pada timun suri, biji buahnya terkumpul dalam rongga buah yang ada di antara daging buah. Sementara biji blewah sendiri banyak terkumpul dalam bilik buah yang diselimuti oleh daging buah.

7. Beda blewah dan timun suri dari bentuk daging buah

Nah, beda blewah dan timun suri juga bisa kamu perhatikan dari bentuk daging buahnya. Timun suri memiliki daging buah yang lebih lunak ketimbang blewah.

Begitu juga dengan warna daging buahnya yang mana pada blewah, daging buahnya berwarna kuning kemerahan, sementara warna daging buah timun suri adalah putih kehijauan.

8. Beda blewah dan timun suri dari kadar air

Kedua buah ini sama-sama kaya akan kandungan air. Namun, kadar air pada timun suri lebih banyak ketimbang blewah. Ini juga alasannya kenapa daging buah timun suri lebih ‘lembek’ ketimbang blewah.

Kandungan Nutrisi Blewah dan Timun Suri

Terlepas dari sejumlah perbedaan yang ada, baik blewah dan timun suri sama-sama mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh kita, lho!

Dilansir dari Healthline, blewah diketahui mengandung sejumlah nutrisi seperti:

  • Beta-karoten
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Asam folat
  • Serat
  • Mineral

Sementara menurut sebuah penelitian tahun 2019, timun suri terbukti diperkaya oleh sejumlah zat yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, hingga antidiabetes.

Yuk, makan blewah dan timun suri biar kamu sehat! Kamu bisa beli timun suri, blewah, dan buah-buahan lainnya dengan kualitas terbaik di HappyFresh Supermarket! Klik tombol di bawah ini untuk mulai belanja yang lebih mudah & hemat. Happy shopping!

Belanja sekarang!

BACA JUGA: Perbedaan Daun Bawang & Daun Bawang Prei (Cari Tahu, Yuk!)

daun bawang prei vs daun bawang biasa


Referensi: