Kamu termasuk orang yang rutin stok daging untuk makanan sehari-hari di rumah? Kalau ya, maka kamu perlu tahu bagaimana cara menyimpan daging sapi di dalam kulkas yang benar, nih.

Yap, pasalnya, daging mentah lebih rentan terkontaminasi bakteri yang mana hal ini menyebabkan daging menjadi busuk dan mengeluarkan bau tidak sedap. Jadi, memang perlu cara khusus untuk menyimpannya.

Dengan begitu, kualitasnya tetap terjaga dan bisa dikonsumsi secara aman.

Yuk, simak bagaimana tips menyimpan daging di kulkas dan freezer berikut ini!

Cara menyimpan daging sapi di dalam kulkas agar tidak cepat busuk

Cara menyimpan makanan di kulkas seperti daging sapi memang perlu teknik khusus. Ini juga sebagai cara menghilangkan bau busuk pada daging sapi jika memang kamu berencana tidak langsung memasaknya. Lalu, apa saja yang harus kamu lakukan?

1. Kenali jenis dagingnya terlebih dahulu

Setiap jenis daging punya tingkat ketahanan yang berbeda saat disimpan di dalam kulkas atau freezer.

Misalnya, daging segar yang belum diawetkan dan belum dimasak umumnya bisa bertahan selama 4-5 hari di kulkas dan 6 bulan di freezer.

Lain halnya dengan daging segar yang belum diawetkan tapi sudah dimasak. Daging ini bisa bertahan 3-4 hari di refrigerator dan 3-4 bulan di freezer.

Jadi, ada baiknya sebelum menyimpan daging di kulkas, cari tahu dulu jenis daging yang kamu beli. Kamu bisa tanya langsung ke butcher di tempat membeli daging.

2. Tidak mencuci daging terlebih dahulu

Apakah kamu terbiasa mencuci daging terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas? Nah, sebaiknya kamu tidak menggunakan cara ini lagi, ya.

Pasalnya, daging yang dicuci jadi mengandung banyak air. Hal ini nantinya bisa menyebabkan freezer burn. Tidak hanya itu, daging yang dicuci berpotensi terkontaminasi bakteri yang berasal dari air yang digunakan untuk mencuci.

3. Pisahkan daging dan jeroan

Cara menyimpan daging di dalam kulkas yang benar selanjutnya adalah dengan memisahkan antara daging dan jeroan. Kalau memungkinkan, simpan keduanya di kulkas atau freezer yang berbeda.

Hal ini tujuannya untuk menghindari kontaminasi silang. Pasalnya, jeroan lebih mudah rusak ketimbang daging.

4. Simpan di wadah yang bersih

Agar kualitas daging tetap terjaga, kamu juga harus memerhatikan tempat penyimpanannya, ya. Sebaiknya simpan daging di dalam wadah yang bersih dan bisa ditutup rapat seperti vacuum sealer.

Dilansir dari SehatQ, daging yang disimpan dalam vacuum sealer bisa lebih lama segar.

5. Segera simpan daging

Saat sudah sampai rumah, segera simpan daging yang kamu beli di dalam kulkas. Baik daging sapi maupun ayam idealnya hanya bisa berada di suhu ruangan maksimal 2 jam.

6. Atur suhu penyimpanan ideal

Cara menyimpan daging di dalam kulkas yang juga perlu kamu perhatikan adalah temperatur atau suhu kulkas tempat menyimpan daging. Suhu ideal kulkas atau freezer untuk menyimpan daging adalah -18° C.

Tapi, jangan langsung menyimpan daging di dalam freezer, ya. Sebaiknya simpan daging di bagian chiller kulkas kamu dan atur suhunya sekitar 4° C.

Ini dilakukan agar daging tidak ‘kaget’ dengan perubahan suhu yang drastis yang mana justru bisa menurunkan kualitasnya.

7. Memberikan catatan tanggal

Tips lainnya yang penting juga untuk kamu lakukan adalah, berikan catatan tanggal pada wadah saat kamu mulai menyimpan daging di dalam kulkas.

Adanya catatan tanggal bisa membantu kamu untuk memilih mana daging yang harus dimasak duluan. Hal ini berkaitan dengan poin pertama soal tingkat ketahanan daging itu sendiri.

Jadi, kamu bisa mencegah daging telanjur busuk dan bau yang pastinya saying banget karena gak bisa dikonsumsi.

8. Periksa kondisi kulkas atau freezer

Pastikan juga kulkas kamu dalam kondisi yang baik, ya. Bersihkan kulkas secara berkala agar tidak kotor. Pasalnya, kulkas yang kotor menjadi ‘rumah’ bagi bakteri yang mana bakteri tersebut berpotensi mengontaminasi daging. Alhasil, daging jadi cepat busuk.

9. Jangan masukkan lagi daging yang sudah tidak beku

Nah, kalau daging yang beku sudah dikeluarkan, maka jangan disimpan lagi ke dalam kulkas, ya. Tips ini juga penting nih untuk kamu lakukan.

Daging yang sudah tidak beku lagi apabila kembali disimpan di dalam kulkas justru berpotensi mengandung lebih banyak mikroba. Akibatnya, daging jadi cepat busuk!

Itu dia cara menyimpan daging sapi di dalam kulkas yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Selain menerapkan cara-cara di atas, pastiin juga daging yang kamu beli dalam kondisi segar, ya.

Kamu bisa beli daging segar di HappyFresh! Personal shopper kami siap pilihin daging berkualitas yang pastinya terjamin juga kesegarannya. Yuk, belanja sekarang di HappyFresh!


Baca juga: 3 Cara Masak Daging Sapi Agar Empuk dan Hemat Gas!

Cara masak daging biar empuk


Referensi: