Tahap perkembangan kognitif  anak juga menjadi salah satu fokus perhatian orangtua terhadap buah hatinya. Di sini, HappyFresh akan membahas hal ini berdasarkan teori perkembangan kognitif Piaget. Disimak, yuk!

Tahap perkembangan kognitif anak

Perkembangan kognitif berfokus pada kemampuan anak untuk memahami sesuatu yang meliputi proses mengingat, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Ada empat tahap perkembangan kognitif anak menurut piaget yang perlu diperhatikan orangtua, di antaranya:

1. Tahap sensorimotor (usia 0-24 bulan)

perkembangan kognitif anak

Di tahapan perkembangan kognitif ini, kemampuan si Kecil masih sangat terbatas. Namun, ia bisa belajar mengenai sekitarnya dengan reflek dan rangsangan, misalnya suka memerhatikan suatu objek dalam waktu lama, menari rangsangan melalui suara dan sinar lampu.

Slide 1
 

2. Tahap praoperasional (usia 2-7 tahun)

perkembangan kognitif anak

Memasuki tahap kedua, anak-anak akan mulai mengembangkan daya ingat dan imajinasi. Di tahap perkembangan kognitif ini si Kecil juga mulai memahami sesuatu secara simbolik, misalnya dengan mengumpulkan benda-benda berdasarkan kriteria. Sebagai contoh, mengumpulkan semua mainan berwarna merah. Lalu memasuki usia 4-7 tahun, anak juga sudah mulai bisa mengutarakan pemikirannya.

Cek Diskon Produk Bayi!

3. Tahap perkembangan kognitif anak operasional konkret (7-11 tahun)

perkembangan kognitif anak

Tahap perkembangan kognitif anak berikutnya adalah tahap operasional konkret. Di tahap ini anak sudah memahami konsep sebab-akibat secara rasional dan sistematis. Sikap egosentrisnya perlahan mulai berkurang, dan mulai memahami jika tidak semua orang dapat mengutarakan pemikiran, dan perasaannya.

4. Tahap operasional formal (mulai 11 tahun)

perkembangan kognitif anak

Pada tahap ini, anak sudah memasuki usia pra-remaja. Anak sudah memiliki kemampuan menggunakan logikanya untuk menyelesaikan permasalahan, menarik kesimpulan dari informasi yang didapatnya, dan merencanakan masa depannya.

Itulah 4 tahap perkembangan anak menurut teori Piaget yang perlu kamu ketahui. Nah, saat ini si kecil sudah memasuki tahap berapa? Apakah ada perkembangannya yang membuatmu khawatir? Coba share ke kita, yuk.

Belanja kebutuhan bayi terbaik di HappyFresh Supermarket

Oh iya,  jika Mama dan Papa butuh perlengkapan si buah hati, langsung aja belanja dengan nyaman dan aman di HappyFresh Supermarket. Semua yang Mama dan Papa butuhkan pastinya ready stock. Apalagi banyak diskon setiap harinya yang bikin belanja jadi lebih hemat!

Pesanan Mama dan Papa juga bisa diantarkan di hari yang sama atau dijadwalkan hingga 3 hari berikutnya langsung ke depan pintu rumah. Pokoknya, semua #BisaDiatur deh!

Yuk, belanja sekarang dengan ikuti cara belanja di aplikasi HappyFresh atau langsung klik tombol di bawah ini. Happy Shopping!

Belanja Kebutuhan Bayi Gratis Ongkir di Sini!

BACA JUGA: Ini 4 Tahap Perkembangan Bayi dari Usia 0-12 Bulan

tahap perkembangan bayi


Referensi: