Install Sekarang!

Seberapa tahu kamu soal jenis gula? Ada berapa banyakkah jenisnya? Kira-kira apa perbedaan gula kastor dan bubuk?

Semua pertanyaan di atas bisa kamu jawab? Kalau belum mungkin sebaiknya kita cari tahu bersama soal jenis-jenis pemanis yang sering kita gunakan ini di sini yuk!

Gula pasir

jenis-jenis gula

Bisa dibilang jenis ini merupakan pemanis yang populer dan paling sering digunakan untuk memasak dan membuat minuman. Memiliki tekstur yang kasar dan berbentuk seperti kristal, gula pasir terbuat dari proses kristalisasi tebu hingga menjadi butiran gula.

Kastor

jenis-jenis gula

Seperti pertanyaan di atas apa yang membedakannya dengan jenis bubuk? Jika dilihat keduanya memiliki bentuk yang hampir sama. Sebenarnya, kastor merupakan gula pasir yang dihaluskan hingga memiliki butiran sangat kecil. Biasanya pemanis ini digunakan untuk mendekorasi kue.

Gula batu

jenis-jenis gula

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat pemanis jenis ini adalah larutan gula cair jenuh. Kemudian larutan ini lalu dikristalisasi hingga menjadi tekstur yang keras dan menyerupai batu. Pemanis ini sering digunakan untuk teh dan minuman tradisional lainnya.

Brown sugar

jenis-jenis gula

Masih banyak di antara kita yang mengira jika brown sugar sama dengan gula merah. Perlu diingat nih, jika keduanya adalah jenis pemanis yang berbeda. Brown sugar dibuat dari gula pasir yang diberi molase atau sari tebu berwarna coklat. Tekstur brown sugar agak basah dan lengket serta memiliki aroma karamel sehingga sering dimanfaatkan untuk membuat kue atau roti.

Gula merah

jenis-jenis gula

Pemanis yang juga dikenal sebagai gula jawa ini seringkali ditemukan di berbagai pasar tradisional hingga supermarket. Gula merah terbuat dari air buah aren yang direbus hingga berwarna kecokelatan.

Gula bubuk

jenis-jenis gula

Proses pembuatan pemanis jenis bubuk ini sama dengan kastor, yaitu gula pasir yang dihaluskan dan dicampur tepung jagung. Namun, gula ini memiliki tekstur yang sangat halus, menyerupai tepung dan sering digunakan sebagai taburan pada kue dan hidangan penutup lainnya.


BACA JUGA: Resep Donat Kentang Empuk dan Mudah Dibuat!


Itulah beberapa jenis gula yang bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan masak. Semoga dengan informasi kamu nggak salah lagi memilih ya. Sama halnya dengan urusan belanja, jangan sampai kamu salah membeli bahan kebutuhan. Serahkan kebutuhanmu dengan bantuan personal shopper dan belanjaanmu akan langsung diantarkan ke rumah. Yuk, cobain sekarang aplikasinya.