Install Sekarang!

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia sebagai negara tropis memang gak lekang kulinernya dari pisang. Pisang memang dikenal sebagai buah yang serbaguna. Mulai dari main course sampai dessert, pisang bisa dipakai dimana aja, untuk apa aja. Pisang goreng keju gak terkecuali jadi salah satu street food primadona yang wara wiri di nusantara, dan pastinya cocok banget temani buka puasamu.

Tau gak, pisang goreng itu sudah jadi favorit sejak bangsa Portugis pertama menginjakkan kaki di tanah air, lho. Adonan pisang dicampur tepung dan sedikit gula lalu digoreng kemudian dikenal sebagai pisang goreng, dan penemuan kuliner ini diadaptasi lebih jauh oleh warga Melayu. Pisang kepok yang sering ditemukan di daerah Indonesia juga makin membuat pisang goreng digemari warga lokal. Alasan kenapa pisang kepok adalah bahan utama dari pisang goreng adalah teksturnya yang lebih padat dibanding pisang lain dengan kadar air tinggi.

Nah, kali ini HappyFresh akan share tentang cara membuat pisang goreng untuk meriahkan acara bukbermu bersama orang-orang terkasih. Bosan dengan pisang goreng yang gitu-gitu aja? Kreasikan dengan keju yuk!Shop Now at Happyfresh

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 10 buah pisang kepok matang
  2. 200 gr tepung terigu
  3. 50 gr tepung beras
  4. 2 sdm margarin
  5. 1 sdm gula pasir
  6. 1 sdt vanili
  7. 1 cangkir air hangat
  8. 100 gr keju cheddar parut
  9. Susu kental manis sesuai selera

pisang goreng keju renyah

Jangan lupa untuk pakai pisang kepok di resep ini ya, HappyFreshers. Untuk pastikan pesanan kamu sesuai resep ini, beri catatan untuk shopper HappyFresh-mu untuk belanjakan pisang sesuai keinginan. Selain itu, memilih tipe keju yang tepat juga gak kalah penting. Keju cheddar yang sifatnya gak mudah meleleh pas banget untuk jadi topping pisang goreng yang masih panas.

Siap semua? Yuk langsung aja ikuti langkah simpel di bawah ini untuk membuat pisang goreng keju!

  1. Campur tepung terigu dan tepung beras. Di wadah yang sama, tambahkan margarin, gula, vanili, dan air hangat hingga merata.
  2. Iris pisang sesuai selera.
  3. Celupkan pisang ke adonan tepung.
  4. Goreng pisang yang sudah dibaluri adonan hingga kecokelatan. Angkat.
  5. Taburkan keju cheddar parut  dan susu kental manis di atas pisang goreng yang sudah matang

Mudah banget kan buat pisang goreng keju? Sebelum meluncur ke dapur untuk coba resep ini, HappyFresh punya beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk buat pisang goreng keju-mu makin mantul. Langsung simak tipsnya di bawah ini:

Tips Membuat Pisang Goreng Keju:

tips pisang goreng keju

  1. Supaya garingnya pisang tahan lama, jangan biarkan pisang goreng keju terekspos udara terlalu lama. Semakin cepat dimakan lebih baik!
  2. Pastikan minyak goreng sudah sangat panas sebelum adonan pisang goreng keju dimasukkan untuk pertahankan kerenyahan.
  3. Pilih pisang yang matang. Pisang matang rasanya lebih manis dibanding pisang muda yang agak sepat.
  4. Sebagai variasi, tambah topping lain seperti kacang atau selai cokelat di atas pisang goreng.

Itu dia resep dan tips jitu untuk buat pisang goreng keju! Psst, semua bahan resep di atas tersedia di supermarket kesayanganmu di HappyFresh lho. Jadi, kamu gak perlu khawatir bahannya kurang, karena belanjaan akan datang ke depan pintu dalam beberapa sentuhan jari di smartphone-mu aja. Selain itu, ada banyak promo yang bisa kamu gunakan untuk lebih banyak berhemat di pesananmu berikutnya. Yuk, download aplikasinya di App Store atau Google Play sekarang!