Install Sekarang!

Apa yang manis, nyegerin, dan pasti hadir saat lebaran tiba? Eh, jangan baper dulu, jawabannya bukan calon menantu. Tenang aja, jawabannya sama-sama buat Ibu senyum sumringah yakni es cendol!

Siapa sih yang gak kenal jajanan satu ini? Es cendol terbuat dari tepung beras yang diolah dari gula merah cair dan santan. Kombinasi maut ini dicampur lagi dengan es parut untuk menunjang rasanya yang manis dan gurih. Gak cuma di Indonesia, es cendol juga populer di seantero Asia Tenggara, mulai dari Malaysia hingga Thailand. Rasanya yang manis dan dingin pas menyeimbangi iklim panas lembab yang iringi langkah tiap hari. Alhasil, es cendol pun mudah ditemukan di mana-mana, dan tentunya es cendol gak pernah absen dari meja makan saat hari raya.

Popularitas es cendol mengundang penggemar yang gak kunjung surut, dan HappyFresh yakin kamu salah satunya. Yuk, langsung intip resep membuat es cendol pelepas dahaga di hari raya ala HappyFresh di bawah ini.

Sebelum lanjut ke resep, pastikan dulu kamu punya beberapa bahan di bawah ini.

Shop Now at Happyfresh

Bahan-bahan Es Cendol:

es cendol ramadan

Tinggal satu langkah lagi, dan kamu siap buat resep es cendol sendiri! Yuk, simak di bawah ini resepnya:

Resep Es Cendol, Pelepas Dahaga Hari Raya

  1. Tuang cendol dan aduk di atas wadah (kompor mati). Jika kurang hijau, tambah pasta pandan.
  2. Tuang tepung maizena yang sudah larut ke wadah, diikuti garam.
  3. Di atas api sedang, aduk pelan wadah hingga tekstur cendol mengental mirip bubur.
  4. Setelah mengental, kecilkan api dan aduk terus hingga matang (kurang lebih 5 menit). Angkat, dan tiriskan.
  5. Siapkan panci berisi air matang dingin secukupnya. Cetak cendol dengan saringan, masukkan adonan ke cetakan hingga penuh, dan cendol yang sudah jadi akan tertampung di wadah bawah.
  6. Setelah cendol di cetak, masukkan es batu ke dalam air yang berisi cendol.
  7. Siapkan gula merah cair untuk dicampur ke cendol.
  8. Setelah gula larut, tambahkan cairan maizena. Aduk hingga mengental.
  9. Tambahkan santan, vanili, dan garam.
  10. Aduk pelan hingga mendidih, tiriskan.
  11. Di langkah penyajian, siapkan gelas. Tambahkan es batu dan masukkan cendol secukupnya.
  12. Tambahkan santan dan gula merah cair. Aduk, dan cendol siap disantap!

Itu dia resep es cendol dari HappyFresh yang pasti mengundang decak kagum dari orang terkasih di hari raya. Selain rasanya yang pas banget di lidah orang Indonesia, es cendol juga tidak cepat basi, lho! Jadi, kalau masih ada sisa, jangan lupa untuk taruh dalam kulkas agar masa awetnya lebih panjang. Gak pernah tahu kan kapan akan tiba-tiba ingin nyendol?

Oh iya, sebelum kamu pergi ke supermarket terdekat untuk beli bahan-bahan yang dibutuhkan di resep es cendol ini, kenapa gak belanja lewat HappyFresh aja? Selain mudah belanja di ujung jari, kamu juga bisa rancang pesananmu sesuai keinginan lewat fitur shopper notes. Dalam beberapa tap tap di smartphone, belanjaanmu akan tiba di depan pintu dalam waktu secepat satu jam aja.

Dapatkan aplikasinya secara gratis sekarang di App Store atau Google Play Store dan dapatkan akses ke supermarket favoritmu kapanpun dan di manapun bersama HappyFresh!