Install Sekarang!

Botol susu bayi atau peralatan makan si Kecil harus menjadi fokus utama untuk melindungi dari bakteri penyakit. Mensterilisasi menjadi salah satu cara yang penting untuk dilakukan dan nggak bisa dianggap remeh. Nah, di sini kami sudah menyediakan beberapa tips untuk mensterilisasi yang tepat. Baca selengkapnya di bawah ini yuk.

1. Menggunakan mesin steamer khusus

sterilisasi botol susu bayi

Alat ini biasanya sudah tersedia di toko perlengkapan bayi. Menggunakan steamer menjadi cara yang cepat dan mudah untuk mensterilisasi botol susu bayi dan perlengkapan makan yang lainnya. Proses dengan menggunakan mesin ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 12 menit.

2. Merebus botol bayi

sterilisasi botol susu bayi

Langkah ini merupakan cara yang paling sederhana untuk sterilisasi botol susu bayi. Namun, sebelum melakukan cara ini, simak beberapa hal di bawah ini dulu yuk.

  • Periksa jenis plastik botol susu. Biasanya jenis botol susu yang berlambang #2 HDPE, #4 LDPE dan #5PP seperti ini aman untuk direbus.
  • Masukkan semua bagian botol susu ke dalam panci yang telah berisi air. Pastikan semua bagiannya terendam.
  • Rebus botol selama kurang lebih 10 menit atau sampai air mendidih.

3. Menggunakan cara sterilisasi dingin

sterilisasi botol susu bayi

Cara sterilisasi dingin yaitu dilakukan dengan menggunakan larutan khusus. Biasanya ada alat khusus untuk melakukan cara sterilisasi dingin ini dan butuh waktu yang lama, yaitu sekitar 30 menit.

4. Menggunakan microwave

sterilisasi botol susu bayi

Bagi kamu yang memiliki microwave di rumah bisa memanfaatkannya untuk mensterilisasi botol susu bayi. Caranya cukup dengan memasukkan botol susu atau peralatan makan yang sudah dicuci ke dalam microwave. Lalu pastikan mengatur suhu yang tepat sesuai dengan instruksi botol agar tidak meleleh. Kemudian sterilisasi botol selama 1,5 menit.


BACA JUGA: Biasakan Yuk, Terapkan 5 Hal Ini untuk Mencegah Gangguan Pernapasan Pada Anak


Dari semua langkah di atas, cara nomor berapa nih yang sudah pernah kamu coba? Meski sterilisasi botol susu bayi dan peralatan makan si Kecil menjadi perhatian utama, jangan lupa pula untuk mengisi ulang persediaan popok serta perlengkapan lainnya. Jika tak sempat membelinya, serahkan ke HappyFresh saja. Personal shopper akan membantumu memilih semuanya dan rider akan mengantarkan langsung ke rumah. Senangnya lagi nih, kamu bisa belanja lebih hemat karena ada diskon khusus untuk popok, susu, dan perlengkapan mandi bayi. Cek promo #HarvestTheDeals sekarang di aplikasi yuk!