Install Sekarang!

Sebagai orang tua, setiap momen tumbuh kembang si kecil menjadi sesuatu yang berharga. Sebelum si kecil mulai berjalan atau berbicara, ada satu momen yang sama-sama buat orang tua senang dan gemas sekaligus cemas. Saat bayi tumbuh gigi pertama kali, banyak orang tua yang melaporkan gelagat buah hati yang semakin rewel dan sulit makan. Jadi, apa ada cara nyaman untuk iringi langkah si kecil saat gigi mereka mulai tumbuh? Yuk, simak tipsnya di bawah ini. Selain itu, HappyFresh juga akan beri beberapa rekomendasi menu makanan yang mudah dicerna bayi yang giginya sedang tumbuh, lho!

Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

tanda bayi tumbuh gigi

Terasa Tonjolan di Gusi

Salah satu pertanda awal gigi bayi mulai tumbuh adalah tonjolan kecil di gusi. Saat ujung gigi mulai muncul di permukaan gusi, di sinilah kebanyakan bayi mulai merasa sakit atau risih di bagian mulutnya. Untuk mengatasi ini, terus interaksi dengan si kecil untuk alihkan dia dari rasa sakit. Salah satunya dengan bermain, ajak jalan-jalan, atau aktivitas lain yang ia suka.

Lebih Banyak Air Liur

Siap-siap sedia banyak tisu basah, ya! Ketika gigi bayi akan tumbuh, mereka akan produksi lebih banyak air liur dibanding biasanya. Saking banyaknya, beberapa bayi bisa punya ruam di sekitar area mulut dan pipi akibat lembab dari air liur. Gunakan tisu basah dan keringkan dengan tisu kering untuk mencegah ini, dan manfaatkan celemek bayi untuk pastikan bajunya tetap kering selama mungkin.

Cepat Menangis

Rasa nyeri yang terus menerus di gusi anak wajar saja membuatnya cepat menangis. Orang tua diajak untuk ekstra sabar di masa-masa ini, dan ringankan rasa sakitnya dengan beri mainan teether yang didinginkan untuk tenangkan anak.

Menggaruk Pipi

Saat gigi bayi tumbuh, rasa tidak nyaman yang ada dalam gusi kerap membuatnya menggaruk pipi. Hal ini dapat membuat kulitnya terluka bila dibiarkan, jadi pastikan kuku anak selalu terpotong pendek untuk meminimalisir resiko tergores kulitnya.

Sulit Makan

Karena mulutnya terasa nyeri, bayi mungkin akan turun selera makannya. Sebelum hubungi dokter, ada baiknya untuk berikan anak beberapa rekomendasi makanan lembut di bawah ini:

Rekomendasi Makanan untuk Pertumbuhan Gigi Bayi

makanan untuk bayi tumbuh gigi

Yogurt

Bayi yang giginya sedang tumbuh seringkali pilih-pilih makan. Maka dari itu, coba beri mereka yogurt yang teksturnya lunak. Selain itu, yogurt dapat dicampur dengan irisan buah yang dapat ringankan gatal di gusi bayi, lho.

Buah smoothie dingin

Waktunya keluarkan blender! Buah yang dihaluskan atau smoothie bisa jadi opsi enak untuk makanan si kecil. Caranya cukup mudah, masukkan buah favoritnya seperti stroberi, pisang, atau alpukat. Tambahkan beberapa buah es batu, sensasi dinginnya akan bantu netralisir rasa nyeri di gusi bayi. Bisa tambahkan madu juga untuk sedikit rasa manis.

Biskuit Bayi

Ada beberapa bayi yang lebih memilih untuk makan makanan bertekstur lebih keras untuk meredam rasa gatal di gusinya. Untuk itu, biskuit bayi adalah pilihan yang tepat. Jika dianggap terlalu keras, lunakkan dengan sedikit air susu sebelum dikonsumsi.


Baca juga: Bayi Mulai Mengoceh? Begini Tahapan Perkembangan Bayi Mulai Bicara


Itulah beberapa pertanda tumbuh gigi pada bayi beserta rekomendasi makanannya. Proses tumbuh gigi bayi dapat dimulai secepat 3 bulan dan akan berlanjut hingga kurang lebih ulang tahunnya yang ke-3.

Karena itu, mereka butuh perhatian dari orang tua semaksimal mungkin. Untuk memudahkan hidupmu, HappyFresh selalu ada untuk belanjakan segala kebutuhan bayi. Download aplikasinya dan dapatkan diskon sebesar Rp 50.000 untuk pemesanan pertama!