HappyFresh Promo

Cek Diskon Terbaru!

Selain biang keringat, ruam popok pada bayi menjadi salah satu permasalahan kulit yang cukup mengkhawatirkan. Biasanya ruam popok bayi ditandai dengan kemerahan pada bagian lipatan kelamin, paha, dan pantat. Di sini HappyFresh telah mengumpulkan berbagai informasi mengenai cara mengatasi ruam popok pada bayi yang bisa kamu coba.

Melansir dari Alodokter, gejala ruam dapat dikenali dari penampakannya. Selain kemerahan ruam juga bisa menyebabkan bentuk luka lepuh atau menggelembung.

Penyebab terjadinya ruam popok pada bayi bisa dikarenakan beberapa hal, misalnya pemakaian popok yang terlalu ketat, infeksi bakteri, dan pengaruh jenis makanan baru.

Permasalahan kulit ini sebenarnya bisa ditangani secara mandiri namun jika setelah 2 hari ruam tidak mereda atau justru bertambah parah sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Untuk penanganan secara mandiri, berikut 5 cara mengatasi ruam popok bayi.

1. Teliti dalam memilih popok untuk mengatasi ruam popok pada bayi

cara mengatasi ruam popok pada bayi

 

Saat membeli popok sesuaikan dengan ukuran tubuh bayi agar tidak terlalu ketat dan memiliki sirkulasi udara yang cukup. Perhatikan pula dengan bahan-bahan yang terkandung di dalam popok.

2. Rutin memeriksa dan mengganti popok

cara mengatasi ruam popok pada bayi

Periksa secara berkala saat si Kecil mengenakan Popok. Segera ganti jika popok penuh dan kotor, bersihkan area yang sering tertutup popok dengan baik. Ingatlah pula untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok.

3. Menyeka kulit secara lembut agar tidak memperparah ruam popok pada bayi

cara mengatasi ruam popok pada bayi

Saat mengalami ruam kulit bayi lebih sensitif karenanya usahakan untuk tidak menggosok tetapi menyekanya dengan perlahan. Pastikan pula kulitnya kering sebelum mengenakan popok yang baru.

Slide 1
 

4. Hindari penggunaan sabun atau tisu basah yang mengandung alkohol dan pewangi

cara mengatasi ruam popok pada bayi

Bahan-bahan kimia yang mengandung alkohol dan pewangi dapat memicu iritasi dan memperparah ruam. Sebaiknya, gunakan air dan sabun bebas alkohol atau pewangi untuk membersihkan area sensitif si Kecil.

5. Kenakan pula pakaian berbahan ringan

cara mengatasi ruam popok pada bayi

Sebaiknya hindari mengenakan si Kecil pakaian yang terlalu tebal karena dapat membuatnya lebih mudah berkeringat. Pilihlah bahan-bahan pakaian yang dapat menyerap keringat seperti katun.

Itulah kelima tips cara mengatasi ruam popok pada bayi yang bisa kamu lakukan di rumah. Kehabisan perlengkapan si Kecil? Tenang, HappyFresh bisa bantu kamu.

Buka aplikasi HappyFresh dan pilih supermarket terdekat. Lalu masukkan perlengkapan si Kecil mulai dari popok bayi, sabun, sampo, dan lainnya ke dalam troli.

Personal shopper terlatih HappyFresh akan memilihkan pesananmu dan Rider akan mengantarkannya sesuai jadwal pengantaran yang kamu pilih.

Kini belanja untuk kebutuhan si Kecil jadi lebih mudah ‘kan? Yuk, belanja sekarang, klik tombol di bawah ini.

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: Biang Keringat Pada Bayi Susah Hilang? Ini 4 Cara Mengatasinya

biang keringat pada bayi


Referensi: