Install Sekarang!

Masih ingat nggak sih tingkah lucu para warga Thailand yang membawa berbagai alat atau benda untuk membawa hasil belanjaan mereka? Hal ini terjadi setelah adanya larangan dari pemerintah Thailand terhadap penggunaan kantong plastik.

Di Indonesia aturan serupa sebenarnya sudah mulai diberlakukan. Para pemerintah Indonesia mengharapkan masyarakat mulai beralih ke tas belanja yang lebih ramah lingkungan ketimbang menggunakan kantong plastik.

Jika kamu masih bertanya-tanya seberapa besar sih pengaruh kantong plastik terhadap bumi, mungkin kamu perlu baca beberapa fakta unik di bawah ini.

1. Sebenarnya kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan bumi

peduli lingkungan

Dilansir dari BBC News, putra penemu kantong plastik, yaitu Sten Gustaf Thulin menyampaikan jika ayahnya akan merasa sedih bila tahu bahwa penggunaan plastik memberikan dampak buruk terhadap bumi. Pasalnya, inovasi kantong plastik sebenarnya ditujukan untuk menggantikan penggunaan kantong kertas yang menggunakan bahan baku pohon.

2. Sekitar 2 juta kantong plastik digunakan tiap menitnya di seluruh dunia

fakta unik kantong plastik

Tahukah kamu jika ternyata sekitar 2 juta kantong plastik digunakan setiap menitnya di seluruh dunia? Kebayang nggak tuh sampah kantong plastik yang menumpuk hanya dalam hitungan hari.

3. Kantong plastik digunakan rata-rata hanya selama kurang lebih 12 menit saja

Mengejutkan yah? Pasti di antara kita juga pernah melakukannya. Fakta lainnya nih kurang dari 3% kantong plastik didaur ulang di seluruh dunia. Begitu tak digunakan lagi, kantong plastik akan bertahan selama 1000 tahun sebelum akhirnya terurai.

4. Diprediksi jika plastik di lautan akan lebih banyak ketimbang jumlah ikan di tahun 2050

fakta unik kantong plastik

Duh! Seram banget nggak sih? Jika tiap menitnya jumlah penggunaan kantong plastik terus bertambah. Prediksi mungkin bisa terjadi lho. Kalau begini terus kamu kebayang dong nasib generasi kita di masa depan?

5. Kita bisa mengurangi penggunaan kantong plastik sebanyak 22 ribu

Caranya? Dilansir dari Padi.com, jika satu orang menggunakan kantong daur ulang selama hidupnya, mereka bisa membersihkan sekitar 22 ribu kantong plastik dari lingkungan. Kamu ingin berkontribusi seperti ini? Coba baca ulasan di bawah ini.

Kampanye belanja tanpa tas di HappyFresh

happyfresh go green

Sebagai bentuk tindakan peduli lingkungan HappyFresh juga ikut menghadirkan beragam tas belanja ramah lingkungan. Namun, kami juga menyediakan pilihan “no bag” atau tidak menggunakan kantong belanja sama sekali di dalam aplikasi. Langkah ini untuk mengarahkan kamu sebagai pelanggan kami untuk turut melestarikan lingkungan.

happyfresh

Lalu bagaimana dengan pengiriman pesanan jika memilih tanpa menggunakan tas belanja?

fakta unik kantong plastik

Pengiriman pesanan akan dilakukan dengan menggunakan kotak kardus atau tas belanja HappyFresh. Untuk penimbangan buah, kami juga menggunakan tas khusus. Namun, perlu diingat kardus atau tas belanja HappyFresh yang digunakan harus dikembalikan setelah pesanan dikeluarkan atau diterima.


BACA JUGA: Peduli Lingkungan, HappyFresh Lakukan Program Go Green


Gimana nih pendapatmu setelah tahu soal fakta unik di atas? Kamu bisa membantu melestarikan lingkungan demi generasi kita di masa depan. Nggak perlu langsung ikutan jadi aktivis. Bentuk peduli lingkungan bisa dimulai dari langkah sederhana bersama HappyFresh. Yes! Seperti yang dijelaskan di atas, coba mulai belanja tanpa menggunakan kantong plastik. Belanja sekarang yuk!