Belanja menjadi suatu kewajiban yang diemban oleh seorang ibu rumah tangga. Mengingat kebutuhan semakin bertambah dan harga-harga kian mencekik sehingga memiliki daftar belanja bulanan hemat itu penting. Apalagi semua urusan belanja sepenuhnya menjadi tanggung jawab istri, tentu tuntutan untuk belanja sehemat mungkin menjadi hal yang wajar.

Sebagian besar orang memilih melakukan belanja bulanan ketimbang belanja mingguan. Jika Kamu salah satunya, penting sekali untuk membuat list kebutuhan rumah tangga selama sebulan.

Pastinya, kebutuhan bulanan lebih besar dari kebutuhan mingguan sehingga daftar belanja bulanan ibu rumah tangga pun akan lebih banyak dari belanja mingguan. Namun ada keuntungan yang akan Kamu dapatkan jika belanja bulanan. Apakah itu?

1 Kelebihan: Biaya Transportasi Lebih Hemat

Sudah sewajarnya, setiap kali berbelanja membutuhkan biaya transportasi. Jika dekat dan barang bawaan sedikit sih tidak masalah tetapi bagaimana jika jauh dan barang bawaan banyak? Ya, benar sekali Kamu perlu membutuhkan angkutan kendaraan, baik itu kendaraan pribadi atau umum.

personal shopper HappyFresh

Keduanya tentu memakan biaya sehingga Kamu harus menyisihkan kocek untuk membayarnya. Disinilah keuntungan belanja bulanan, dimana biaya transportasi lebih sedikit ketimbang belanja mingguan.

Belanja bulanan terlebih via online, memberikan keuntungan berupa pemangkasan biaya transportasi. Namun perlu diingat, ini berlaku jika tidak ada satu pun barang yang terlewatkan. Hindari berbelanja pada awal bulan dimana awal bulan merupakan saat ramai-ramainya orang berbelanja.

Sebaiknya berbelanjalah saat pagi hari dimana supermarket atau pusat perbelanjaan baru buka dan pilihlah hari belanja selain akhir pekan. Alasannya, tentu karena pagi hari toko masih sepi pengunjung sementara hari selain akhir pekan toko tak dipadati pengunjung.

2 Tips Belanja Bulanan: Mendaftar Barang Belanjaan

Daftar Belanja Bulanan Hemat

Jadi, ketika Kamu memutuskan hendak berbelanja bulanan, sebaiknya perketat lagi daftar belanja bulanan hemat yang telah Kamu susun tersebut. Hal ini terkait barang-barang apa saja yang diperlukan untuk dibeli dan seberapa banyak kuantitasnya. Tujuannya yaitu agar jangan sampai persediaan yang masih sisa banyak bulan lalu Kamu beli lagi.

Adapun barang apa saja yang harus dibeli, haruslah barang yang dapat bertahan lebih dari satu bulan, dengan kata lain tahan lama. Misalnya, barang-barang itu seperti peralatan mandi, bumbu-bumbu, beras, pembersih lantai atau mie instan.

3 Kekurangan Belanja Bulanan: Stok Tidak Habis dan Uang Belanja Boros

Bagi Kamu yang ingin berbelanja bulanan, tentu harus tahu juga kekurangan belanja bulanan dibanding belanja mingguan. Kekurangan belanja mingguan terletak pada kuantitas barang belanjaan dan bagaimana cara menghabiskannya dan tentu saja uang yang langsung terkuras banyak di awal bulan. Kuantitas barang belanjaan yang terlalu banyak mengakibatkan stok tidak habis dalam satu bulan. Kalau tahan lebih dari satu bulan sih tidak masalah, tetapi bagaimana jika tidak?

Jika bahan makanan tidak tahan dalam jangka waktu sebulan, kamu membeli bahan-bahan makanan tersebut terpisah dari daftar belanja bulanan hemat lainnya.

Hal ini untuk menghindari bahan makanan tersebut terbuang percuma. Kamu bisa membeli bahan-bahan makanan yang tidak tahan lama secara mingguan atau bahkan harian. Tapi bukankah hal itu membuat boros seperti yang telah dijabarkan pada point pertama?

aplikasi belanja online aman happyfresh

Agar kamu tidak boros mengeluarkan uang transpot kamu cukup membeli bahan-bahan makanan secara online di HappyFresh.

Kamu cukup pesan bahan-bahan makanan yang kamu butuhkan melalui smartphone tanpa harus keluar dari rumah sedikitpun! Memang ada ongkos kirim yang harus kamu bayarkan. Tapi tentunya ongkos kirim jauh lebih murah ketimbang kamu harus pergi sendiri atau jika dibandingkan dengan kerugian jika bahan makanan kadaluarsa.