Install Sekarang!

Memakai kartu kredit selalu menjadi cara yang nyaman membeli apapun yang kita inginkan. Namun, kenyamanan ini terkadang menjadi boomerang bagi kita akibat tagihan yang terus menumpuk. Lalu gimana sih agar nggak terbebani dengan hal ini? Tenang aja, kamu nggak sendiri kok, kami juga pernah merasakannya. Karenanya, untuk membantumu kami sudah menyiapkan beberapa tips pintar memakai kartu kredit. Simak selengkapnya di bawah ini yuk.

1. Pantau terus pengeluaranmu

tips pintar pakai kartu kredit

Selalu terapkan prinsip untuk belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan. Berpikir panjanglah sebelum berbelanja. Jika kamu nggak bisa mengendalikan keinginan, utang akibat menggunakan kartu kredit akan terus menumpuk dan membuatmu harus membayar di luar kemampuanmu. Intinya, cobalah untuk hemat dan belanjalah sesuai dengan kebutuhanmu saja.

2. Selalu bayar tagihan tepat waktu

tips pintar pakai kartu kredit

Saat kamu menerima tagihan kartu kredit, periksalah tanggal jatuh temponya dan pastikan membayarnya tepat waktu. Cara ini akan membantumu terhindar dari biaya keterlambatan. Untuk memudahkanmu membayar tepat waktu, catat atau masukkan ke dalam kalendermu.

3. Jangan bayar tagihan dalam jumlah minimum

tips pintar pakai kartu kredit

Jika kamu hanya membayar jumlah minimun pada tagihan tiap bulannya justru membuatmu makin susah melunasinya. Untuk membebaskanmu dari hal ini, usahakanlah membayar tagihan dalam jumlah yang besar. Saat menggunakan kartu kredit, persiapkanlah juga biaya untuk membayarnya. Sebaiknya, kendalikan diri untuk tidak menggunakan kartu kredit sebelum lunas.

4. Atur limit kartu kredit

tips pintar pakai kartu kredit

Setiap kartu kredit pasti memiliki limit dari bank yang disesuaikan dengan pendapatanmu. Nah, jika kamu memiliki lebih dari dua kartu kredit, sebaiknya tentukan limit lebih rendah untuk salah satu kartu. Cara ini bisa mempermudahmu mengatur keuangan. Lalu pakailah kartu dengan limit yang besar untuk darurat saja.

5. Hindari menarik tunai dengan kartu kredit

tips pintar pakai kartu kredit

Mungkin menarik uang tunai bisa membantumu dalam keadaan darurat. Tapi coba pikir panjang lagi sebelum melakukan hal ini. Pasalnya, kamu perlu tahu jika melakukan penarikan tunai dengan kartu kredit akan dikenakan biaya sebesar 4%. Semakin besar jumlah yang ditarik semakin besar pula biaya yang dikenakan.


BACA JUGA: Takut Boros? Cek 9 Cara Mengatur Keuangan Ini


Dari kelima langka di atas poin mana nih yang sudah kamu terapkan? Pertahankan cara-cara di atas ya agar keuanganmu terus dalam kondisi ‘sehat’. Untuk membantumu bijak dalam menggunakan kartu kredit, belanjalah kebutuhanmu dengan promo yang ada. #SelaluBersama HappyFresh kamu akan selalu bisa belanja hemat. Apalagi jika ada promo kartu kredit, weekly deals, dan gratis biaya antar. Yuk, coba sekarang!