Install Sekarang!

Kalau membahas soal keuangan atau tabungan, kira-kira kamu sudah melakukan perencanaan belum? Jika iya, kamu hebat! Bagi yang belum, sebaiknya mulai lakukan sekarang. Merencanakan keuangan bisa membantumu mengurangi rasa stres terhadap pengeluaran. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa mengendalikan pengeluaran nggak diperlukan dan dananya bisa dialokasikan untuk mencapai tujuan yang sebenarnya. Saat keuanganmu terkendali dengan baik, percaya deh hal ini bisa meningkatkan suasana hatimu makin ceria. Mau tahu caranya? Baca selengkapnya di bawah ini yah!

1. Membuat daftar pengeluaran

Tips mengatur keuangan

Langkah pertama dan terpenting saat membuat perencanaan keuangan adalah membuat daftar pengeluaran.Catatlah secara detail pengeluaran setiap bulannya, seperti pembayaran listrik dan air, biaya belanja bulanan, tagihan kartu kredit dan lain sebagainya. Periksa lagi pengeluaran lainnya termasuk saat berada di luar rumah, misalnya biaya membeli baju atau menonton film di bioskop.

2. Membuat target keuangan

Tips mengatur keuangan

Saat membuat target keuangan pastikan sesuai dengan kapasitas yang kamu miliki dan realistis. Buatlah target yang lebih spesifik, misalnya biaya untuk kuliah anak di masa mendatang. Hal ini mendorong kamu untuk bisa merealisasikannya dengan mudah. Ketimbang membuat target yang tinggi malah justru menyusahkanmu.

3. Membuat kalender tagihan

Tips mengatur keuangan

Langkah berikutnya adalah membuat kalender tagihan.Tujuannya adalah sebagai pengingatmu untuk membayar tagihan tepat waktu sehingga kamu terhindar dari biaya denda. Tandai masing-masing tanggal untuk membayar kartu kredit, sekolah anak, listrik, atau air.

4. Bijak dalam menggunakan kartu kredit

Tips mengatur keuangan

Mulai sekarang biasakan dirimu memanfaatkan kartu kredit untuk hal-hal yang dibutuhkan saja. Hindari pula untuk melakukan transaksi tarik tunai dengan kartu kredit. Pasalnya, kamu akan dikenakan biaya rata-rata sebesar 4% saat penarikan.

5. Menggunakan asuransi

Tips mengatur keuangan

Untuk mengendalikan pengeluaran yang tak terduga. Asuransi sangat dibutuhkan jika sewaktu-waktu keadaan darurat menimpamu atau keluargamu. Asuransi dapat menyediakan perlindungan untukmu dan keluarga dari hal yang tak terduga. Namun, pastikan kamu memilih asuransi yang tepat. 

6. Memisahkan rekening tabungan

Tips mengatur keuangan

Memiliki lebih dari satu rekening tabungan sebenarnya menjadi salah satu cara mengatur keuangan jadi mudah. Misalnya, Kamu bisa menyimpan tabungan pendidikan anak di satu rekening tertentu. Tabungan untuk membayar pengeluaran di rekening lainnya.

7. Persiapkan dana darurat

Tips mengatur keuangan

Selain menggunakan asuransi dan memisahkan tabungan untuk berbagai keperluan, kamu juga perlu menyisihkan uang sebagai dana darurat. Dana ini akan sangat diperlukan ketika kamu dalam kondisi terdesak seperti dipecat dari pekerjaan atau jatuh sakit.

8. Pantau pengeluaran kebutuhanmu

Tips mengatur keuangan

Setelah membuat semua detail pengeluaranmu, sediakan waktu setiap akhir bulan untuk mengevaluasi semua perencanaan keuanganmu. Periksa kembali bagian mana saja yang memerlukan alokasi dana lebih banyak. Lalu lihat apakah bagian pembayaran pengeluaran sudah diimplementasikan dengan baik, khususnya untuk biaya kebutuhan belanja bulanan. Di HappyFresh, kamu bisa mendapatkan kebutuhan rumah dengan harga yang lebih hemat. Kamu juga bisa cek promo-promo menarik lainnya seperti weekly deals, produk diskon bulanan dan sebagainya.

9. Mulai berinvestasi

Tips mengatur keuangan

Langkah terakhir, kamu juga bisa mengalokasikan danamu dengan investasi. Ada beragam pilihan investasi yang bisa kamu coba. Namun, jika kamu belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, Reksadana bisa menjadi jalan investasi yang mudah.


BACA JUGA: Wajib Diketahui! 5 Cara Menghemat Uang Belanja Ibu Rumah Tangga


Semua hal di atas bisa diterapkan dengan baik jika kamu memiliki tekad dan komitmen.  Agar perencanaan keuangan makin lancar, biarkan HappyFresh membantumu lebih hemat dalam urusan kebutuhan dapur. Kamu bisa belanja lebih mudah, nyaman dan hemat ongkos, karena setiap produk kebutuhanmu akan langsung diantar ke rumah. Nah, bulan ini ada penawaran menarik di promo #SeptemberCeria untuk kamu. Cek aplikasinya sekarang yah.