Install Sekarang!

Waktunya beres-beres rumah nih! Nah, jika membahas soal membersihkan rumah pastinya kita menginginkan hasil yang maksimal ‘kan? Namun, tanpa disadari nih terkadang ada kebiasaan kita yang rupanya justru membuat beberapa area di rumah makin kotor.

Untuk membuat rutinitas pekerjaan rumah kita makin efisien dan cepat selesai, cek 7 kesalahan membersihkan rumah yang sering dilakukan di bawah ini.

1. Belum mencuci alat kebersihan yang akan digunakan

membersihkan rumah

Sebelum membersihkan rumah, cobalah untuk mengingat kembali kapan terakhir kali kamu mencuci alat pembersih yang akan digunakan. Pasalnya, alat kebersihan seperti spons pencuci piring bisa menjadi tempat bakteri untuk berkembang biak. Rutinlah untuk mencuci kain lap, alat pel, saringan penyedot debu, dan alat pembersih lainnya setelah pemakaian.

2. Keliru menggunakan alat pembersih

membersihkan rumah

Jika membahas soal bersih-bersih rumah, ada beberapa alat yang memang diciptakan untuk membuat pekerjaan ini menjadi lebih mudah dilakukan. Namun, tanpa disadari kita menggunakan satu alat tidak sesuai dengan area yang dibersihkan. Misalnya menyikat toilet dengan sikat yang sama digunakan untuk membersihkan tempat cuci piring.

3. Memakai alat kebersihan yang sama untuk semua area

membersihkan rumah

Masih berkaitan dengan poin di atas, memakai alat kebersihan yang sama untuk semua area bukanlah solusi yang tepat untuk mempercepat pekerjaanmu. Cara ini membuat bakteri hanya berpindah tempat saja. Gunakanlah lap yang berbeda untuk membersihkan meja makan dan furnitur di rumah.

4. Nggak membersihkan dari atas ke bawah

membersihkan rumah

Biasakanlah untuk membersihkan rumah dengan area atas terlebih dahulu. Awali dengan membersihkan lemari atau rak bagian atas. Lalu lanjutkan dengan area bagian bawah.

5. Menggunakan produk pembersih yang salah

membersihkan rumah
Sebaiknya persiapkan cairan pembersih yang berbeda untuk setiap area rumah. Kamu nggak bisa hanya menggunakan satu produk pembersih saja. Pasalnya, jika salah menggunakan produk yang salah atau nggak sesuai justru akan merusak perabot yang dibersihkan. Nah, jika kamu butuh stok pembersih yang banyak, bisa langsung pesan di HappyFresh mumpung ada promo #HarvestTheDeals. Coba klik di sini.

6. Membersihkan jendela saat cuaca cerah

membersihkan rumah

Jika biasanya kamu membersihkan jendela saat cuaca cerah sebaiknya mulai sekarang dihentikan yah. Rupanya nih membersihkan jendela saat cuaca cerah akan membuat cairan pembersih justru cepat kering sehingga berpotensi meninggalkan noda atau goresan.

7. Menyemprot cairan pembersih langsung pada obyek yang akan dibersihkan

membersihkan rumah

Menyemprotkan cairan pembersih langsung pada benda yang akan dibersihkan justru akan membuat debu makin banyak menumpuk dan susah dibersihkan. Lebih baik semprotkan terlebih dahulu cairan pembersih pada kain lap untuk memudahkanmu membersihkan area tersebut.


BACA JUGA: Tips Membersihkan Rumah Saat Asisten Rumah Tangga Pulang Kampung


Nah, kira-kira poin berapa nih yang sering kamu lakukan? Yuk, coba cek lagi area sekitar rumah yang ingin dibersihkan. Lengkapi pula alat kebersihan supaya proses membersihkan rumah makin mudah. Jika ada stok perlengkapan rumah yang masih kosong, beli lagi saja di HappyFresh. Caranya mudah banget, kamu tinggal pilih supermarket terdekat, masukkan barang-barang kebutuhan ke dalam troli, dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Semua belanjaanmu tersebut akan diantarkan langsung ke rumah. Pakai juga promo yang tersedia, mumpung ada banyak diskon di #HarvestTheDeals biar belanjamu makin hemat.