Install Sekarang!

Menghemat uang untuk urusan belanja bulanan tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Tapi nggak ada yang mustahil selama masih ada keinginan untuk mencoba. Nah, kira-kira kamu sebagai orangtua milenial menyadari nggak sih seberapa banyak biaya yang dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan dapurmu?

Belanja bulanan kebutuhan dapur mungkin menjadi salah satu pengeluaran terbesarmu saat ini, tapi kamu masih bisa melakukannya dengan cara lebih hemat. Jika sebelumnya, kita sudah membahas soal mengatur keuangan, kali ini kamu bisa mencoba cara menghemat uang belanja di sini. Keep scrolling!

1. Membuat menu makanan mingguan

cara menghemat uang

Cobalah untuk membuat menu makanan mingguan. Cara ini untuk menghindari membeli bahan makanan yang nggak diperlukan dan tentunya menghemat uang belanjamu. Saat membuat menu makanan mingguan, periksa pula isi lemari dapurmu agar nggak membeli bumbu atau bahan memasak yang sama. Kamu bisa meluangkan waktu di Hari Minggu sore atau malam untuk menyiapkan menu ini sambil berdiskusi dengan keluargamu.

2. Membuat daftar belanjaan

cara menghemat uang

Setelah mengetahui menu makanan mingguanmu, kamu bisa melanjutkannya dengan membuat daftar belanjaan bahan makanan yang diperlukan. Selain hemat uang, cara ini juga membuatmu belanja dalam waktu yang nggak terlalu lama. Kamu juga jadi mudah memastikan semua produk kebutuhan sudah terpenuhi.

3. Mengunduh aplikasi belanja

cara menghemat uang

Cara berikutnya yang patut kamu coba adalah mengunduh aplikasi belanja seperti HappyFresh. Menggunakan aplikasi seperti ini memudahkanmu untuk belanja lebih nyaman.Kamu nggak perlu mengantri saat ingin melakukan pembayaran di supermarket atau bermacet-macetan di jalan dan menghabiskan banyak waktu. Selain itu, HappyFresh juga memiliki banyak promo diskon untuk semua kebutuhan dapurmu sehingga kamu bisa berbelanja dengan lebih hemat.

4. Rutin cek promo diskon

Promo terbaru

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, belanja dengan menggunakan diskon sangat membantu menghemat uang. Di HappyFresh, ada berbagai penawaran menarik untuk dinikmati, misalnya di promo #SeptemberCeria ada diskon gratis ongkir di beberapa supermarket, potongan hingga Rp120rb, diskon untuk perawatan tubuh dan lain sebagainya.

5. Membandingkan harga sebelum membeli

cara menghemat uang

Cara ini juga perlu dilakukan agar kamu mendapatkan harga terbaik untuk bahan makanan kebutuhanmu. Namun, nampaknya langkah ini sedikit sulit dan merepotkan jika kamu harus pergi dari satu supermarket ke tempat lainnya. Ada cara yang lebih mudah untuk dicoba, yaitu seperti dijelaskan di poin sebelumnya, kamu bisa menggunakan aplikasi HappyFresh. Menggunakan aplikasi memudahkanmu untuk membandingkan harga di berbagai supermarket.


BACA JUGA: Udah Gajian? Ini Dia, 4 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Menerima Gaji


Gimana menurutmu tips di atas? Cukup membantu? Jika ya, cobalah untuk menerapkannya secara berkala dan konsisten. Perlahan semua hal di atas bisa menjadi kebiasaan yang baik. Kamu juga bisa memulai kebiasaan baik lainnya dengan belanja lebih nyaman menggunakan HappyFresh. Tanpa perlu membawa belanjaan yang berat, kamu juga bisa mendapatkan kebutuhan bahan makanan dengan harga lebih murah berkat diskon yang menarik.