HappyFresh Promo

Cek Diskon Terbaru!

Tak cuma ketupat yang sering digunakan saat Idul Fitri atau Idul Adha. Lontong sayur pun jadi salah satu makanan yang digemari. Namun, nggak banyak yang tahu cara membuat lontong daun. Di sini HappyFresh akan berbagi tips cara membuat lontong daun pisang yang pulen dan tahan lama.

Mirip dengan ketupat, lontong daun juga berbahan dasar beras yang dimasak dengan cara direbus. Nah, untuk menghasilkan lontong daun yang padat, kamu perlu memerhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Cara membuat lontong daun pisang dimulai dengan memilih beras berkualitas baik.

cara membuat lontong daun pisang

Kunci agar lontong tidak lembek adalah menggunakan beras pulen sehingga saat direbus bisa menyerap air dengan baik. Hasilnya pun lebih mudah untuk dipotong. Biasanya jenis beras yang digunakan untuk membuat lontong daun, salah satunya adalah beras batang lembang.

Slide
 

2. Isi beras di daun pisang secukupnya

cara membuat lontong daun pisang

Pastikan saat mengisi beras di daun pisang takarannya tidak terlalu banyak karena pada saat proses memasak beras akan mengembang. Jika mengisinya terlalu banyak akan membuat lontong mudah pecah.

3. Cara membuat lontong daun pisang selanjutnya adalah dengan merebus lontong dalam posisi berdiri

cara membuat lontong daun pisang

Masuk proses merebus pastikan posisi lontong berdiri dan terendam air. Cara ini untuk mencegah air menggenang di dalam lontongnya yang bisa menyebabkan mudah cepat basi.

Sebaiknya, gunakan panci yang tinggi saat merebus lontong dan beri jarak satu sama lain. Jika lontong sudah masak, tiriskan dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dipotong.

Itulah tips cara membuat lontong daun pisang yang padat dan tahan lama. Prosesnya mungkin memakan waktu yang cukup lama karenanya dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika kebutuhan untuk membuat lontong di rumah belum ada kamu bisa belanja di supermarket terdekat. Eits! Nggak perlu keluar rumah, pakai HappyFresh aja biar belanjamu tetap nyaman.

Tak cuma kebutuhan memasak, perlengkapan rumah tangga, peralatan si buah hati, hingga cake atau suplemen kesehatan semuanya bisa kamu beli dari aplikasi HappyFresh.

Mau belanja sekarang? Klik tombol di bawah ini yah.

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: Resep Sayur Ketupat Betawi a la Masak.TV

resep sayur ketupat betawi


Referensi: