HappyFresh_Promo_GratisOngkir

Belanja Sekarang!

Kamu tipe yang suka makan ayam goreng garing dan gurih? Kuncinya ada di metode ungkep ayam. Kali ini kita akan membahas cara membuat ungkep ayam yang tepat.

Soalnya, banyak banget nih yang bilang, “kok udah pakai metode ungkep tapi rasanya belum seenak yang dijual di warung pecel lele yah?”

Pernah merasakan hal yang sama? Berarti harus simak tips cara membuat ungkep ayam di bawah ini. Keep scrolling yah!

1. Bikin potongan ayam jadi ukuran yang lebih kecil

cara membuat ungkep ayam

Nah, kalau ini kamu langsung masukkan ayam utuh atau potongannya besar, coba deh jadikan ke ukuran yang lebih kecil. Selain memudahkan kita untuk menyantapnya, potongan ayam yang lebih kecil akan membuat bumbu jadi lebih mudah terserap.

2. Bikin bumbu halus sesuai kebutuhan

tips ungkep ayam

Urusan bumbu, bahan yang digunakan sebenarnya tidak banyak perbedaan. Bahan-bahannya, yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, kemiri, daun salam dan sereh.

Jika membuat porsi yang tidak begitu banyak, kamu bisa menghaluskannya dengan menggunakan cobek. Cara ini dianggap memberikan cita rasa yang lebih enak.

Tapi kamu juga bisa menggunakan blender atau chopper untuk mempermudah dan mempersingkat waktu memasak.

Slider

3. Masukkan ayam ke dalam kulkas semalaman

cara membuat ungkep ayam

Mungkin trik ini belum pernah kamu lakukan tapi inilah kuncinya untuk membuat ayam goreng jadi lebih gurih dengan daging lunak.

Saat melakukan proses ungkep, masaklah ayam cukup sampai mendidih tidak perlu sampai masak. Kemudian matikan kompor dan biarkan dingin.

Jika sudah dingin, masukkan ayam bersama dengan kuahnya ke dalam plastik kedap udara. Selanjutnya, simpan ayam di dalam kulkas bagian bawah (bukan freezer) semalaman.

Setelah semalaman didinginkan, masak lagi hingga ayam matang dan airnya menyusut. Goreng ayam sesuai selera.

Belanja Sekarang!

4. Gunakan api kecil saat ungkep ayam

tips ungkep ayam

Cara membuat ungkep ayam berikutnya, yaitu dengan menggunakan api kecil atau slow cooking. Mungkin prosesnya jadi lebih lama, tapi cara ini membuat bumbu jadi meresap sempurna ke dalam daging.

5. Pastikan menggunakan air secukupnya saja

cara membuat ungkep ayam

Saat proses ungkep, ayam yang direbus akan mengeluarkan cairan. Jadi, pastikan mengungkep ayam dengan air secukupnya saja. Tapi jika kamu menggunakan ayam kampung, gunakan air yang sedikit lebih banyak. Pasalnya, ayam kampung butuh proses yang lebih lama untuk membuatnya lebih lunak.

Itulah kelima cara membuat ungkep ayam yang tepat. Share ke kita yuk, cara membuat ungkep ayam yang kamu gunakan di rumah. Selamat mencoba yah!


BACA JUGA: Ayam Goreng Kalasan, Menu Sederhana yang Bikin Nagih!

HappyFresh_resep_ayam_goreng_kalasan