Install Sekarang!

Waktu Ramadan dan Idul Fitri memang identik dengan berbagai hidangan tertentu, seperti ketupat, opor, dan kolak pisang]. Tapi, ada lagi nih satu lagi yang gak kalah banyak fansnya, dan tentunya sama-sama pas menemani di saat lebaran. Apa lagi kalau bukan bubur ketan hitam? Sebagai hidangan penutup yang diburu banyak masyarakat Indonesia, bubur ketan hitam yang manis dan kuah santannya yang gurih pas untuk seimbangi hidangan khas lebaran yang cenderung mengandung kadar minyak tinggi.

Bubur ketan hitam ternyata sudah ada sejak zaman Majapahit, dan pada saat itu, ketan hitam hanya dikonsumsi oleh mereka yang keturunan kerajaan. Namun, bahan pangan ketan semakin mudah diakses oleh masyarakat seiring waktu berjalan, dan akhirnya melekat di budaya Jawa. Tekstur bubur ketan hitam yang lengket menjadi simbol kesatuan, sehingga seringkali disajikan di acara pernikahan untuk mendoakan kelanggengan kedua mempelai, dan acara keluarga Hari Raya Idul Fitri juga tak terkecuali.

Karena bubur ketan hitam termasuk jajanan populer, memang gak sulit untuk temukan hidangan penutup ini dijajakan di banyak tempat. Tapi percaya deh, akan lebih memuaskan kalau buat bubur ketan hitam ini kita bikin sendiri! Nah, HappyFresh akan berbagi resep bubur ketan hitam ini, mulai dari bahan yang dibutuhkan hingga tips-tips praktis pembuatannya untuk menemani perayaan Idul Fitri bersama keluarga. Simak, yuk!Shop Now at Happyfresh

Sebelum masuk ke resep, sediakan dulu bahan-bahan di bawah ini:

  1. 200 g ketan hitam, cuci bersih
  2. 1400 ml air
  3. 1 lembar daun pandan, ikat simpul
  4. 100 g gula jawa, sisir halus
  5. 6-8 sdm gula pasir
  6. 3 sdm tepung tapioka
  7. Garam secukupnya
  8. 1 bungkus santan
  9. 200 ml air panas

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

bubur ketan hitam untuk buka puasa

  1. Siapkan air dalam panci dan biarkan mendidih.
  2. Masukkan ketan hitam, didihkan selama 10 menit sambil diaduk sesekali.
  3. Masukkan daun pandan dan matikan kompor.
  4. Diamkan ketan hitam dan daun pandan di atas kompor selama 30 menit.
  5. Kembali nyalakan kompor dan masukkan gula pasir, gula jawa, serta garam. Aduk selama 7 menit.
  6. Campur tepung tapioka dengan 100 ml air dan masukkan ke panci.
  7. Tambah santan ke air panas, dan tambah garam.
  8. Bubur ketan hitam siap disajikan dengan kuah santan.

Ta-da! Bubur ketan hitam homemade pun jadi!

Sebelum kamu meluncur ke dapur untuk coba resep ini, simak dulu beberapa tips untuk buat bubur ketan hitam makin nikmat dan teksturnya lebih lembut.

  1. Saat ketan hitam pertama kali dipanaskan, jangan lupa untuk selalu aduk agar tidak lengket di bagian bawah. Tekstur yang konsisten lebih mudah didapat dengan metode ini.
  2. Rendam ketan yang mentah sebelum dimasak. Berdasarkan resep di atas, kami menuliskan agar ketan direndam selama 30 menit. Jika kamu punya lebih banyak waktu, kamu bisa rendam ketan hitam hingga 1 malam agar teksturnya lebih lembut saat dimasak.
  3. Masak dengan api yang tinggi memang cukup efektif dalam mempercepat proses masak, tapi metode ini tidak disarankan saat memasak bubur ketan hitam. Air akan terlalu cepat menguap, dan ketan hitam bisa jadi kering bahkan hangus. Jadi, ingat untuk selalu gunakan api kecil saat masak ketan hitam. Walau proses memasak jadi lebih lambat, hasilnya akan sebanding.

Selamat mencoba resep ini, HappyFreshers! Jangan lupa, semua bahan yang tertera di atas tersedia di supermarket favoritmu dan bisa kamu dapatkan lewat aplikasi HappyFresh! Gak perlu khawatir soal cari parkir atau ngantri di kasir, karena belanja lewat HappyFresh tinggal di ujung jari aja lho. Nikmati juga berbagai promo dan gratis ongkir untuk produk pilihan yang pastinya akan membuat pesananmu semakin hemat. Yuk, download aplikasinya di App Store atau Google Play Store hari ini!