Ada resep mie ayam bangka yang enaknya nggak kalah kayak di restoran mie nih! Cara membuat mie ayam bangka ini juga mudah dan semua bahannya bisa dibeli melalui aplikasi HappyFresh.

Hidangan mie memang selalu bisa menjadi alternatif saat ingin menikmati menu yang beda namun tetap mengenyangkan. Mie ayam bangka sedikit berbeda dengan mie ayam populer lainnya.

Melansir dari Kompas, mie ayam bangka yang lebih dikenal dengan bakmi bangka biasanya disajikan dengan lauk yang lebih banyak. Menu pendamping bakmie bangka biasanya berupa pangsit, bakso, dan tahu kok (tahu goreng dengan isian ikan tenggiri).

Selain itu, bakmi bangka juga menggunakan kecap asin asli Bangka yang memiliki rasa lebih menonjol dari kecap asin pada umumnya.

Nah, jika ingin mengobati rasa kangenmu dengan bakmi bangka asli, mungkin resep mie ayam bangka di bawah ini bisa jadi alternatifmu.

Resep Mie Ayam Bangka

Persiapan
30 menit
Waktu Memasak
30 menit
Total Waktu
60 menit
HappyFresh Icon
Porsi
4
HappyFresh Icon
Kalori
N/A
HappyFresh Icon
Kategori
Menu Utama
HappyFresh Icon
Masakan
Indonesia

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan utama:

Bahan untuk tumis ayam:

Bahan kuah::

Bahan minyak ayam::

Bahan pelengkap:

  • 1 ikat sawi (rebus)

  • tauge secukupnya (rendam sebentar dengan air panas)

  • bawang goreng secukupnya

  • kerupuk pangsit secukupnya
  • sambal secukupnya


Happyfresh Header banner
Happyfresh Header banner

Cara membuat mie ayam bangka

  1. Langkah membuat tumis ayam: Campurkan ayam cincang, kecap manis, saus tiram, merica bubuk, minyak wijen dan maizena. Aduk dan sisihkan.

  2. Selanjutnya, tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan campuran ayam cincang tadi. Tambahkan air, garam dan gula, aduk rata. Tambahkan daun bawang, masak sampai matang. Sisihkan.

  3. Cara membuat kuah mie: tumis bawang putih hingga harum, masukkan tulang ayam dan masak sampai berubah warna lalu tambahkan air.

  4. Tambahkan kaldu, merica bubuk, garam dan kaldu bubuk, masak sampai mendidih. Kemudian, masukkan daun bawang, aduk-aduk sebentar lalu matikan api.

  5. Cara membuat minyak ayam: Campurkan kulit ayam dan minyak, masak sampai kulit ayam hampir mengering, kemudian masukkan bawang putih. Masak terus sampai kulit ayam kering. Matikan api, sisihkan.

  6. Berikutnya, rebus mie hingga matang, tiriskan, dan beri sedikit minyak agar tidak lengket.

  7. Cara penyajian: di mangkuk saji, masukkan minyak ayam, tambahkan kecap manis dan asin sesuai selera.

  8. Masukkan mie, dan tambahkan sayur rebus, tauge, tumis ayam, bawang goreng, daun bawang, dan kerupuk pangsit.

  9. Sajikan mie ayam dengan kuah kaldu dan sambal.


Siap ngobatin rasa kangenmu dengan resep mie ayam bangka di atas? Biar bisa cepat masaknya, beli bahan-bahan untuk membuatnya pakai aplikasi HappyFresh aja.

Personal shopper HappyFresh dengan #JurusBelanja siap pilihan produk-produk pesanan sesuai dengan preferensimu. Jangan lupa juga checkout pakai promo-promo di aplikasi biar makin hemat. Mau tahu promonya apa aja? Klik tombol di bawah ini ya.
HappyFresh Incentive Banner

BACA JUGA: HappyFresh x Masak.TV: Resep Kwetiau Kerang Bangka

cara membuat kwetiau kerang

Referensi:
resepkoki
kompas