Waaah, gak kerasa sebentar lagi Ibukota Jakarta akan merayakan hari jadinya yang ke-495. Nah, ngomong-ngomong soal Jakarta, kali ini HappyFresh mau berbagi resep salah satu kuliner khas Betawi yakni sayur godog. Seperti apa resep sayur godog sayur Betawi tersebut?

Sayur godog Betawi sendiri adalah kuliner yang biasa dijumpai di momen-momen perayaan hari besar seperti Idul Fitri. Sayur ini terdiri dari sejumlah bahan seperti ketupat, kacang panjang, tempe, semur daging, sambal, dan kerupuk.

Kombinasi tersebut membuat sayur godog memiliki cita rasa yang gurih pedas tapi juga sedikit manis. Udah kebayang dong gimana lezatnya menyantap makanan satu ini? Yuk, langsung aja disimak resep & cara membuat sayur godog ketupat Betawi berikut ini!

Resep Sayur Godog Betawi

Waktu persiapan
15 menit
Waktu memasak
20 menit
Total waktu
35 menit
HappyFresh Icon
Porsi
8 porsi
HappyFresh Icon
Kalori
N/A
HappyFresh Icon
Kategori
Makanan utama
HappyFresh Icon
Asal
Indonesia

Bahan-bahan resep sayur godog Betawi

Bahan-bahan utama:

Bahan-bahan bumbu:

 

Cart

 


Happyfresh Header banner
Happyfresh Header banner

Cara membuat sayur godog Betawi

  1. Tumis semua bumbu halus menggunakan minyak di atas wajan dengan api sedang. Kemudian, tambahkan pete, daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Masak semuanya hingga harum.

  2. Masukkan santan encer ke dalam wajan, aduk merata hingga bumbu meresap.

  3. Masukkan pepaya muda, lalu masak hingga 1/2 matang.

  4. Tambahkan santan kental, tempe, dan kacang panjang, aduk lagi secara perlahan hingga dirasa sudah matang.

  5. Matikan kompor, lalu tuang sayur ke wadah besar. Tambahkan bawang goreng & kerupuk.

  6. Sayur godog Betawi siap dihidangkan.

HappyFresh Tip Tips menghilangkan getah pada pepaya muda

Biar getah pada buah pepaya muda hilang, sebaiknya kamu memotong pepaya menjadi 2 bagian. Setelah itu, gosok permukaan masing-masing potongan pepaya muda tersebut selama 1-2 menit. Jika sudah, pepaya muda siap kamu olah.


Itu dia resep sayur godog Betawi yang bisa kamu coba buat di rumah. Bagaimana, tidak terlalu sulit, kan? Nah, kamu bisa belanja bahan-bahan untuk membuat sayur godog pepaya muda khas Betawi ini di HappyFresh Supermarket!

Belanja di HappyFresh Supermarket gak perlu khawatir kehabisan stok. Selain itu, kamu sudah bisa belanja dan langsung diantar ke rumah mulai dari jam 6 pagi setiap harinya! Waktu pengiriman pun #BisaDiatur sesuai keinginan kamu. Asyik, kan?

Ditambah lagi, banyak diskon dan promo menarik setiap harinya yang bakal bikin belanja kamu jadi lebih hemat! Gak percaya? Yuk, langsung aja download aplikasi HappyFresh di smartphone kamu dan mulai berbelanja. Happy Shopping!


BACA JUGA: Resep Sayur Ketupat Betawi a la Masak.TV

resep sayur ketupat betawi