Belanja sekarang!

Memanaskan makanan mungkin jadi salah satu cara tercepat jika kita sedang malas masak atau masih terlalu banyak dari hari sebelumnya.

Nah, tapi tanpa disadari nih ada beberapa bahan makanan yang sebenarnya tidak boleh dihangatkan kembali. Cek selengkapnya di bawah ini yuk!

1. Menghangatkan ayam dapat menimbulkan masalah pencernaan

ayam panggang

Bahan makanan seperti ayam memiliki protein yang tinggi di dalamnya. Dilansir dari rediff.com, makanan berprotein tinggi jika dihangatkan kembali dapat menimbulkan masalah pencernaan.

2. Sayuran yang tinggi nitrat

bahaya sayur bayam jika dipanaskan

Sayuran seperti bayam, wortel, lobak dan seledri sebaiknya juga tidak dihangatkan kembali. Pasalnya sayuran ini mengandung nitrat tinggi sehingga jika dihangatkan akan melepaskan senyawa karsinogenik yang menjadi salah satu penyebab kanker.

3. Kentang dapat menimbulkan bakteri langka jika dihangatkan kembali

bahan makanan yang tak boleh dihangatkan

Kentang jika dihangatkan kembali dapat meningkatkan pertumbuhan botulisme, bakteri langka. Jika dihangatkan kembali dengan menggunakan microwave justru bisa menyebabkan keracunan makanan.


Baca juga: Biar Nggak Mudah Sakit, 5 Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi!

menu makanan sehat


4. Bahan makanan seperti jamur juga dapat menimbulkan masalah pencernaan

bahan makanan yang tak boleh dihangatkan

Sama halnya dengan telur dan ayam, jika jamur dihangatkan kembali dapat memecah protein di dalamnya dan dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Selain itu, jamur akan melepaskan racun yang mengandung oksidasi nitrogen dan radikal bebas.

5. Sama seperti Jamur, Telur juga berbahaya bagi pencernaan

bahan makanan yang tak boleh dihangatkan

Dikenal sebagai sumber protein, sebaiknya menghangatkan telur juga dihindari. Protein di dalam telur akan hancur jika terkena panas berulang kali dan menjadi racun sehingga berbahaya untuk dikonsumsi.

Itulah kelima makanan yang sebaiknya dihindari untuk dihangatkan kembali.