Install Sekarang!
Resolusi punya gaya hidup sehat di tahun lalu belum tercapai? Nggak perlu khawatir, selalu ada cara untuk memulai kembali kok. Kamu bisa memulai cara hidup sehat di awal tahun 2020 dengan langkah mudah seperti di bawah ini. Simak selengkapnya yuk.

1. Evaluasi motivasi untuk membangun gaya hidup sehat

cara gaya hidup sehat

Sebelum menciptakan gaya hidup sehat langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memiliki motivasi yang tepat. Evaluasi tujuan utama kamu agar bisa menjalankan rencanamu tersebut dengan lancar. Cara ini juga membantu untuk tetap fokus dan berkomitmen.

2. Memulai pola makan sehat

cara gaya hidup sehat

Mulai sekarang sadarilah semua yang kita konsumsi sehari-hari memengaruhi kinerja tubuh. Semua sel-sel di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik tergantung dari makanan yang dikonsumsi. Jika kamu lebih sering mengonsumsi junk food jangan heran jika tubuhmu mengalami beberapa masalah kesehatan. Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki gizi seimbang yang mencakup serat, protein karbohidrat dan lemak baik.

3. Menyempatkan berolahraga

cara gaya hidup sehat

Selain makanan, olahraga juga menjadi penyumbang utama untuk gaya hidup sehat. Bila kita aktif bergerak maka karbohidrat dan lemak yang mengendap di tubuh jadi mudah terbakar. Nggak melulu harus ke tempat gym atau kelas-kelas olahraga lainnya, kamu juga bisa melakukannya di rumah kok. Kini banyak tutorial dan aplikasi yang mempermudah kita melakukan olahraga di rumah.

4. Memerhatikan kesehatan mental

cara gaya hidup sehat

Tak hanya fokus dengan kesehatan fisik, mental pun perlu mendapatkan perhatian khusus. Usahakanlah untuk mengelola stresmu dengan baik. Sempatkan untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai minimal seminggu sekali. Jangan memendam perasaan sedih atau depresi, lampiaskan semua emosi yang sedang kamu alami dengan orang-orang terdekat atau tulislah di sebuah jurnal.

5. Jaga pola tidur tetap 7-9 jam sehari

cara gaya hidup sehat

Langkah berikutnya yang harus dilakukan, yaitu memiliki waktu tidur yang cukup. Usahakanlah untuk tidur selama 7 sampai 9 jam setiap harinya. Istirahat yang cukup dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan suasana hati sehingga mengurangi stres.

6. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

cara gaya hidup sehat

Perlu diingat membandingkan diri hanya akan menghancurkan gaya hidup sehatmu. Nggak semua harus berada di fase yang sama. Belajarlah untuk menghargai usahamu sendiri. Catat setiap usaha yang sudah kamu lakukan agar kamu bisa melihat seberapa jauh perkembangan yang sudah kamu capai.

7. Ciptakan suasana tempat tinggal yang nyaman dan sehat

cara gaya hidup sehat

Lingkungan yang sehat juga menjadi pendukung untuk kita menciptakan gaya hidup sehat. Jika bisa menjaga lingkungan, kita akan terbebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit. Karenanya, mulai sekarang biasakan diri untuk selalu membersihkan rumah.


BACA JUGA: 7 Cara untuk Mencapai Resolusi Tahun Baru dengan Sukses


Itulah beberapa langkah untuk menciptakan gaya hidup sehat. Hal yang terpenting agar kebiasaan ini terbangun, yaitu dengan komitmen dan disiplin.