Install Sekarang!

Menjelang akhir tahun sebagian dari kita pasti sudah mempersiapkan beberapa resolusi untuk tahun baru. Tapi sebelum melangkah lebih jauh dengan resolusi yang baru, coba sebentar kita evaluasi sejenak dengan pengalaman sebelumnya? Sudah berapa persen yang resolusi yang kamu capai di tahun ini? 50%? 20%? Atau belum tercapai sama sekali? Nggak perlu khawatir, kami punya tips untukmu di bawah ini. Cek yuk!

1. Membuat resolusi tahun baru yang simpel

cara sukses capai resolusi tahun baru

Tanpa disadari terkadang kita menargetkan sesuatu yang terlalu jauh untuk dicapai dan alhasil ini hanya mengakibatkan kekecewaan dan rasa bersalah. Sebaiknya, buatlah satu atau dua resolusi yang memungkinkan kita mencapainya secara bertahap dan berfokus pada pengembangan diri.

2. Pilih dengan hati-hati

cara sukses capai resolusi tahun baru

Apa yang harus dipilih? Well, mungkin kamu bisa memilih sesuatu yang akan memberikan dampak besar terhadap kebahagiaan dirimu sendiri. Nope, hal ini nggak egois kok. Kamu berhak untuk mendapatkan hidup lebih baik. Seperti ungkapan yang sering kita dengar, “love yourself first then others”. Intinya, jangan membuat resolusi dengan gegabah, renungkan pilihanmu tersebut dan dampaknya terhadap dirimu jika kamu bisa mencapainya.

3. Buatlah daftar yang realistis

Jangan membuat daftar yang terlalu tinggi dan melupakan realita yang ada. Sebaiknya pertimbangkan dengan resolusi kamu sebelumnya. Sebelum membuat daftar introspeksi diri dan cari tahu faktor yang membuatmu gagal mencapai resolusi tersebut. Sebaiknya jangan membuat daftar karena mengikuti tren atau teman.

4. Uraikan resolusi menjadi langkah-langkah yang dapat dijalankan dan diatur

cara sukses capai resolusi tahun baru

Jadikan resolusi menjadi langkah-langkah kecil yang bisa kamu jalankan. Bila perlu tetapkan deadline agar menjadi motivasi untuk sukses. Misalnya rutin berolahraga seminggu sekali atau menyimpan uang Rp100ribu per bulan dan lain sebagainya.

5. Buatlah kerangka waktu

cara sukses capai resolusi tahun baru

Membuat kerangka waktu atau deadline bisa menjadi motivasimu untuk mencapai resolusi yang dibuat. Masukkan di kalender atau tulis di jurnal pribadimu sebagai pengingat. Lalu evaluasi setelah kamu melakukan tahap demi tahap.

6. Beri hadiah untuk dirimu sendiri

cara sukses capai resolusi tahun baru

Ketika kamu membuat kemajuan saat menjalani resolusimu tersebut, nggak ada salahnya untuk memberikan hadiah buat dirimu sendiri. Tapi tetap waspada yah, cara ini cukup beresiko jika kamu sedang menjalani diet.

7. Dokumentasikan setiap tahap yang kamu lakukan

cara sukses capai resolusi tahun baru

Cobalah untuk mendokumentasikan setiap langkah dan upaya yang kamu lakukan saat ingin mencapai resolusimu. Cara ini bisa membantu seberapa jauh perkembangan yang telah kamu lakukan.


BACA JUGA: Jangan Menyerah! Lakukan 7 Hal Ini untuk Mengembalikan Motivasi Diri


Dari ketujuh poin di atas dapat disimpulkan jika kamu harus memiliki komitmen untuk bisa sukses mencapai resolusi tahun baru yang dibuat. Kamu juga bisa memberitahukan orang-orang terdekat soal resolusimu tersebut. Mereka bisa mendukungmu saat semangat sudah mulai goyah.