Install Sekarang!

Berpikir positif di segala situasi tentu bukan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, hal ini bukan berarti nggak bisa dilatih. Di sini kami menghadirkan tips untuk membangun kebiasaan sederhana yang bisa membantumu menjadi sosok lebih baik. Baca terus sampai bawah yah.

1. Menulis hal-hal yang membuatmu merasa bersyukur di jurnal

cara berpikir positif

Sebagai manusia kita cenderung fokus dengan masalah yang sedang dihadapi. Hal ini terkadang membuat kita lupa bersyukur. Menjelang tahun baru, cobalah untuk membiasakan diri menuliskan hal-hal yang membuatmu merasa bersyukur di jurnal. Cara ini juga membantu kita untuk lebih fokus kepada hal-hal yang menjadi penyemangat hidup.

2. Menghindari topik-topik pembicaraan yang negatif

cara berpikir positif

Tanpa disadari sebenarnya setiap perkataan memiliki pengaruh yang besar. Misalnya saja komentar negatif di media sosial dapat membuat seseorang menjadi tertekan dan memengaruhi kesehatan mentalnya. Karenanya, cobalah untuk nggak lagi terlibat dengan pembicaraan yang hanya memperbincangkan keburukan seseorang atau hal-hal negatif lainnya.

3. Sebisa mungkin menjauhi orang-orang yang sering mengeluh

cara berpikir positif

Pernah kamu menyadari saat mendengar seseorang terlalu banyak mengeluh tentang hal yang dialaminya malah membuat mood-mu ikut berantakan? Itulah sebabnya mulai dari sekarang cobalah untuk menjauhi orang-orang yang sering mengeluh. Pasalnya menurut studi dari Warsaw School of Social Psychology menunjukkan jika mengeluh dapat menurunkan mood dan memicu munculnya emosi negatif, menurunkan kepuasaan hidup dan optimisme.

4. Melampiaskan emosi negatif dengan bijak

cara berpikir positif

Merasa kesal, sakit hati, marah atau kecewa adalah hal wajar yang dirasakan oleh setiap individu. Namun hal yang perlu diperhatikan cara kita mengendalikan emosi-emosi ini. Jika melampiaskannya dengan cara yang salah justru akan menyakiti perasaan orang sekitar dan membuat kita makin merasa bersalah. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melampiaskan emosi seperti ini, yaitu dengan cara menulis di jurnal, mengambil waktu untuk berjalan sendiri sejenak, dan lainnya.

5. Rutinlah berolahraga dapat membantumu berpikir positif

cara berpikir positif

Jadikan olahraga bagian dari gaya hidup kamu. Pasalnya, cara ini juga dapat meningkatkan motivasi diri untuk terus berpikir positif dan membantu kita untuk mengontrol emosi lebih baik.


BACA JUGA: Jangan Menyerah! Lakukan 7 Hal Ini untuk Mengembalikan Motivasi Diri


Membangun kebiasaan baru memang nggak mudah tapi bukan berarti nggak bisa dilakukan. Kamu nggak perlu mencoba mengubah semua kebiasaanmu sekaligus. Lakukan secara bertahap dan jalankan dengan penuh komitmen. Semoga artikel ini bermanfaat ya!