Install Sekarang!

Nyadar nggak sih belakangan polusi udara kini jadi makin memprihatinkan? Khususnya bagi yang tinggal di kota Jakarta nih. Beberapa kali jika dilihat dari data AirVisual tingkat  polusi di Jakarta menempati posisi tertinggi di dunia. Kira-kira apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurangi dan terhindar dari dampaknya yah? 

 

Dirangkum dari berbagai sumber, simak 7 tips bebas merdeka dari polusi udara di bawah ini. Keep scrolling!

1. Rutin Cek Ramalan Polusi Udara

Aplikasi cek polusi udara

Biasanya di aplikasi AirVisual akan memperlihatkan dengan jelas angka polusi yang tinggi di tiap area. Kebiasaan memeriksa kondisi polusi udara dapat membantu kita untuk membawa perlengkapan yang diperlukan sebelum ke luar rumah.

2. Hindari berolahraga saat tingkat polusi sedang tinggi

 

Tips mengatasi polusi

Ketika tingkat polusi udara buruk, sebaiknya pilihlah untuk berolahraga di rumah sebagai alternatif yang lebih aman. Jagalah pula anak-anak kamu agar nggak terlalu banyak main di luar. 

3. Kurangi penggunaan energi yang berlebihan di rumah

Tips mengatasi polusi

Bijak dalam penggunaan daya listrik juga memberikan dampak baik bagi pengurangan polusi udara. Sebaiknya, matikan lampu atau AC saat meninggalkan rumah. Cabut pula kabel listrik yang nggak digunakan. 

4. Gunakan masker pelindung mulut yang tepat

Tips mengatasi polusi

Saat tingkat polusi di luar semakin buruk, jangan lupa untuk mengenakan masker. Penggunaan masker dapat meminimalisir partikel udara buruk masuk ke dalam saluran pernapasan. Perlu diingat, jika nggak semua masker dapat berfungsi demikian. Karenanya, sebelum membeli cari produk yang tepat dan pastikan dapat menyaring udara dengan baik. 

5. Gunakan Air -purifiers di rumah

Menggunakan Air-purifiers di rumah merupakan langkah yang baik untuk membuat lingkungan rumah kamu bebas dari pencemaran udara. Menaruh beberapa tanaman dalam rumah juga menjadi cara alternatif untuk mengurangi polusi seperti palem phoenix, lili paris, herbras, tanaman pakis dan lain sebagainya.

6. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi

Tips mengatasi polusi

Rasanya ini merupakan poin paling penting nih. Pasalnya, asap yang dihasilkan oleh mobil atau motor menjadi penyumbang terbesar polusi udara. Sebaiknya, mulai dari sekarang usahakanlah untuk menggunakan moda transportasi umum. Lebih baik lagi jika jarak tujuan aktivitasmu dekat dari rumah, kamu bisa menggunakan sepeda sebagai transportasi ramah lingkungan. 

7. Nggak membakar sampah sembarangan

Tips mengatasi polusi

Dilansir dari data BPPD Jakarta disebutkan jika gas klorin yang dihasilkan dari pembakaran sampah dapat merusak atmosfer udara dan memicu terjadinya polusi. Selain itu, menurut US Environmental Protection Agency, karbon monoksida dan formaldehida (formalin) merupakan dua zat utama hasil pembakaran yang paling banyak memicu penyakit pernapasan.

Dari ketujuh tips di atas, langkah berapa saja yang sudah dicoba nih? Langkah-langkah ini memang terlihat sederhana namun perlu komitmen untuk melaksanakannya. 


BACA JUGA: Hari Kebaikan Sedunia: Bagaimana Cara Berbuat Baik Dan Apa Manfaatnya?


Nah, kamu juga bisa mengurangi polusi udara dengan berbelanja tanpa perlu mengeluarkan kendaraanmu. Caranya? Unduh aplikasi HappyFresh di Appstore atau Playstore. Lalu pilih barangnya dan pilih slot waktu pengantaran atau kamu bisa menjadwalkannya hingga 3 hari ke depan. Setelah itu, pilih pula metode pembayaran, dan belanjaan kamu pun akan kami antar langsung ke rumah. Mudah kan?