Install Sekarang!

Menjelang musim hujan bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan persiapan agar nggak cepat sakit, rumah pun demikian.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar rumah tetap terasa nyaman dan aman saat ditinggali terutama saat musim hujan. Coba simak 7 hal di bawah ini yang patut menjadi perhatian utama kita di rumah.

1. Periksa dinding di rumah

cara membersihkan rumah
Seringkali kita lupa memerhatikan dinding di rumah hingga akhirnya ada retakan yang menyebabkan bocor dan membuat panik. Daripada hal tersebut terjadi, sebaiknya perhatikan dengan teliti bagian-bagian yang mulai retak dan segeralah memperbaikinya.

2. Periksa ulang kondisi atap dan plafon

cara membersihkan rumah

Atap rumah merupakan bagian yang paling rentan bocor. Karenanya, periksa kondisi atap dan plafon di rumah secara berkala. Jika ada bagian yang pecah bukan hanya menjadi saluran bocor tetapi juga mempermudah tikus untuk masuk ke dalam rumah.

3. Pastikan saluran air dalam kondisi baik

cara membersihkan rumah

Biasanya saat musim kemarau, saluran air sering tertutup dengan sampah daun dan lainnya. Bersihkanlah saluran yang kotor tersebut agar saat musim hujan nggak tersumbat sehingga meluap dan menyebabkan banjir.

4. Lihat pula di bagian instalasi listrik

cara membersihkan rumah

Bagian ini juga penting untuk diperiksa. Saat musim hujan kabel listrik bisa mudah rapuh dan hal ini sangat berbahaya karena beresiko menyebabkan korsleting dan kebakaran. Periksa seluruh jaringan listrik di rumah dan pastikan semuanya dalam kondisi yang aman.

5. Merapikan tanaman

cara membersihkan rumah

Saat musim hujan tanaman bisa lebih cepat tumbuh. Sebaiknya, pangkaslah semua tanaman di rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk dan serangga lainnya.


BACA JUGA: Coba Yuk! Ini 7 Ide Kegiatan Seru Bersama Keluarga


Coba cek lagi yuk bagian-bagian rumah di atas agar rumah tetap aman saat musim hujan menghampiri. Sekalian lihat stok perlengkapan rumahmu juga. Jika masih ada yang kurang, pesan saja di HappyFresh mumpung ada panen promo di #HarvestTheDeals nih. Nikmati potongan harga untuk beragam alat kebersihan. Tenang saja, kamu nggak perlu repot mengambilnya ke supermarket karena semua belanjaanmu akan diantarkan langsung oleh rider. Yuk, bersihkan rumah sekarang.