Install Sekarang!

Seperti anggota tubuh yang lain, mata pun patut diperhatikan kesehatannya. Menatap layar smartphone atau laptop dalam jangka waktu yang lama bisa menurunkan daya penglihatan. Selain itu, aktivitas ini juga membuat mata lebih cepat terasa kering dan lelah. Karenanya, mata juga butuh nutrisi yang dapat membuatnya berfungsi maksimal. Simak 7 makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

1. Wortel

kesehatan mata, cara merawat mata

Wortel kaya akan kandungan Vitamin A dan beta carotene yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Vitamin A memiliki peran penting bagi mata yaitu membantu retina menerima cahaya. Sedikit tips nih buat kamu, saar mengolah wortel sebaiknya jangan dimasak terlalu lama agar kandungan nutrisi di dalamnya nggak hilang atau kamu juga bisa mengonsumsinya sebagai jus. Lihat resepnya di bawah ini ya.

kesehatan mata, cara merawat mata

Bahan yang diperlukan:

  • 3-4 wortel
  • 2 buah apel ukuran sedang
  • ½ jahe

Cara membuat:

  • Cuci semua bahan yang diperlukan dengan bersih.
  • Kupas wortel dan potong-potong menjadi ukuran yang mudah untuk dihaluskan dengan blender atau juicer.
  • Lalu masukkan semua ke dalam blender atau juicer. Setelah semuanya halus, saring jus ke dalam gelas.
  • Jus wortel yang segar siap disajikan.

2. Ikan Salmon

kesehatan mata, cara merawat mata

Kandungan asam lemak Omega-3 pada ikan salamon nggak hanya memiliki manfaat baik untuk kesehatan tulang, tetapi juga bagi mata. Kandungan ini dapat meringankan gejala mata kering dan Age-Related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula yang berkaitan dengan gangguan penglihatan pada orang tua.

3. Telur

kesehatan mata, cara merawat mata

Telur kaya akan kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini memiliki khasiat yang dapat membantu mencegah penyakit mata seperti katarak atau AMD.Telur bisa diolah menjadi berbagai macam menu yang bergizi bagi keluarga. Salah satunya seperti resep telur kukus di bawah ini.

kesehatan mata, cara merawat mata

Bahan yang diperlukan:

  • 2 butir telur ayam
  • 3 kotak tahu putih
  • 2 batang daun bawang yang dipotong halus
  • 1 batang wortel ukuran kecil, potong kecil

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, rebus terdahulu tahu selama 5 menit. Lalu tiriskan dan haluskan.
  2. Setelah itu campurkan tahu yang telah dihaluskan dengan telur, daun bawang dan irisan wortel. Kemudian tambahkan sedikit garam.
  3. Selanjutnya, setelah semua bahan tercampur rata, masukkan adonan ke dalam mangkuk dan kukus selama 15 menit.
  4. Setelah matang, keluarkan telur kukus dan sajikan.

4. Labu

kesehatan mata, cara merawat mata

Labu memiliki banyak kandungan akan zinc, vitamin C, vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan terutama bagi mata. Kandungan vitamin A memiliki fungsi untuk melindungi kornea dan membantu matamu untuk melihat dalam keadaan gelap. Vitamin C mengurangi resiko degenerasi makula. Lalu lutein, dan zeaxanthin juga dapat mengurangi resiko penyakit mata lainnya seperti katarak. Sedangkan, Zinc berperan untuk mengirimkan vitamin A ke retina untuk memproduksi melanin.

5. Sayuran Hijau

kesehatan mata, cara merawat mata

Sayuran hijau seperti bayam, kale dan collard kaya akan kandungan vitamin C dan E yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, kandungan antioksidan memiliki manfaat untuk melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya.

6. Buah Naga

kesehatan mata, cara merawat mata

Kamu gemar mengonsumsi buah naga? Pertahankan yah! Pasalnya, buah dari keluarga tanaman kaktus ini memiliki kandungan vitamin C yang nggak hanya menyehatkan mata tetapi juga bisa melindungi kornea mata.

7. Biji Bunga Matahari

kesehatan mata, cara merawat mata

Nggak disangka yah? Ternyata biji bunga matahari yang sering jadi camilan ini memiliki manfaat baik untuk mata. Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu memperlambat degenerasi agar nggak bertambah parah. Selain itu, biji bunga matahari juga bisa mencegah katarak.

 


Baca Juga: 5 Makanan Ini Dipercaya Mampu Tingkatkan Kesehatan Mental


Dari sekian makanan di atas mana nih yang jadi favoritmu untuk dikonsumsi?Yuk, isi lagi stok makanan favoritmu tersebut. Beli aja dari supermarket terdekat di rumahmu. Pilih bahannya diaplikasi dan masukkan ke dalam troli. Belanjaanmu siap diantar! Belanja nyaman dan nggak ribet ngantri ‘kan? Cek juga di bagian promo #SeptemberCeria untuk belanja lebih hemat. Ada berbagai penawaran menarik yang bisa kamu nikmati seperti promo kartu kredit, weekly deals, hingga gratis ongkir di beberapa supermarket pilihan.