Install Sekarang!

Berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat bukan hanya bermanfaat baik untuk tubuh tetapi juga berpengaruh bagi kesehatan mental. Banyak penelitian yang menyampaikan jika mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih positif dan ceria, tingkat depresi yang sedikit dan kepuasaan hidup lebih baik.

1. Pisang

makanan peningkat kesehatan mental

Pisang memiliki kandungan vitamin, asam amino dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kemampuan otak. Selain itu, pisang juga memiliki fruktosa yang dapat mendukung kinerja otak lebih maksimal. Karenanya, pisang dianggap menjadi salah satu makanan yang baik untuk kesehatan mental berkat kemampuannya yang berpengaruh pada suasana hati dan fokus memori. Untuk menikmati pisang dengan cara yang berbeda, kamu bisa melihat resep oatmeal pisang di bawah ini.

makanan peningkat kesehatan mental

Bahan yang diperlukan:

  • 300 gram oatmeal.
  • 250ml susu UHT.
  • ¼ sdt cinnamon bubuk.
  • 1 sdm madu.
  • 2 sdt brown sugar.
  • ¼ sdt vanila paste.
  • 2 buah pisang, iris tipis

Cara membuat:

  1. Panaskan susu, lalu masukkan brown sugar dan aduk hingga rata.
  2. Setelah itu masukkan oat, vanila paste, madu dan cinnamon bubuk dan aduk kembali, kemudian matikan kompor.
  3. Tuangkan oat ke dalam mangkuk dan taruh pisang yang telah diiris tipis di atasnya.
  4. Oatmeal pisang siap disajikan.

2. Buah Beri

makanan peningkat kesehatan mental

Buah beri memiliki beragam jenis, diantaranya stroberi, blueberry, blackberry, raspbery, dan lain sebagainya. Namun, buah blueberry memiliki manfaat yang lebih baik untuk fungsi otak. Pasalnya, buah ini mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif pada orang dewasa. Selain itu, kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi stres.

3. Yogurt

makanan peningkat kesehatan mental

Probiotik dalam yogurt dipercaya mampu membantu meringankan depresi karena terdapat kandungan bakteri baik, yaitu Lactobacillus. Bakteri ini bekerja untuk melawan bakteri jahat yang dapat menghalangi produksi hormon serotonin dan dopamin. Jika produksi kedua hormon tersebut rendah maka hal inilah yang dapat menyebabkan kamu mudah murung atau sedih. Karenanya, jika rutin mengonsumsi yogurt bisa membantu menghilangkan stres.

4. Apel

makanan peningkat kesehatan mental

Kandungan pektin dalam apel mampu meningkatkan suasana hatimu. Selain itu, antioksidan kuersetin dan flavonoid di dalamnya pun berperan penting untuk membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak. Nah, jika kamu nggak begitu suka mengonsumsi apel secara langsung, mengolahnya menjadi jus juga memiliki manfaat yang baik. Jus apel bisa mengurangi spesies oksigen reaktif berbahaya di jaringan otak dan meminimalisir gangguan mental. Intip resep jus apel segar dan mudah dibuat di bawah ini yuk!

makanan peningkat kesehatan mental

Bahan yang diperlukan:

  • 1 atau 2 buah apel, potong kecil.
  • 2 jeruk nipis.
  • Es batu secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

  1. Masukkan buah apel ke dalam juicer atau blender dan peras jeruk nipis.
  2. Lalu tambahkan pula es batu dan gula pasir secukupnya, kemudian blender hingga halus.
  3. Setelah selesai, tuangkan jus apel ke dalam gelas dan sajikan.

5. Ikan

makanan peningkat kesehatan mental

Berdasarkan laporan dari Journal of Epidemiology & Community Health ditemukan kemungkinan jika mengonsumsi ikan dapat mengurangi tingkat depresi. Hal ini diperkirakan berkat asam lemak esensial Omega 3 yang terdapat di dalam ikan. Kandungan ini dianggap dapat mengubah zat kimiawi dalam otak kita yang berhubungan langsung dengan mood.


BACA JUGA: Biar Nggak Mudah Sakit, 5 Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi!


Itulah 5 makanan yang mampu meningkatkan kesehatan mental. Sudah rutinkah kamu mengonsumsinya? Coba sekarang periksa isi kulkasmu, apakah bahan makanan di atas tersedia? Jika belum, HappyFresh siap membantumu. Bahan makanan tersebut akan dipilih personal shopper terlatih dan siap diantarkan oleh kurir ke rumahmu. Cek juga di bagian promo #SeptemberCeria untuk belanja lebih hemat. Ada berbagai penawaran menarik yang bisa kamu nikmati seperti promo kartu kredit, weekly deals, hingga gratis ongkir di beberapa supermarket pilihan.