Belanja Sekarang!

Sudah dengar soal herd immunity?

Apa saja yang sudah kamu pahami soal wacana yang belakangan sering terdengar di media sosial ini?

Apakah warga Indonesia sudah siap menjalankan wacana di atas?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini juga muncul di pikiranmu, dirangkum dari beberapa sumber, inilah tiga hal yang perlu kita pahami soal herd immunity.

1. Apa sih yang dimaksud dengan herd immunity?

Dikutip dari Alodokter.com, herd immunity atau kekebalan kelompok adalah kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu.

Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi.

2. Apakah Herd Immunity ini efektif jika diterapkan di Indonesia?

vaksin corona

Dilansir dari Popmama.com, herd immunity rupanya berhasil diterapkan pada saat terjadi wabah virus zika dan campak di Brazil pada tahun 2017 silam.

Wacana ini mungkin telah berhasil diberlakukan di beberapa negara tetapi hal ini tidak menjadi jaminan jika hasil serupa dapat terjadi di Indonesia.

Jika melihat kondisi sekarang dimana vaksin virus corona belum ditemukan, nampaknya herd immunity belum bisa dilakukan di Indonesia.

Menurut Alodokter, penerapan herd immunity di Indonesia akan membutuhkan waktu yang lama.

Hal ini dikarenakan melihat dampak COVID-19 yang fatal dan bila dilihat jumlah korban jiwanya pun tinggi bahkan sebelum herd immunity dilakukan.

3. Lalu apa yang perlu kita lakukan untuk berteman dengan keadaan COVID-19?

herd immunity

Hingga saat ini para ilmuwan masih berjuang keras mengembangkan vaksin yang efektif untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

Sambil menunggu perkembangan ini, kita masih bisa berkontribusi menekan penyebaran virus berbahaya ini dengan melakukan berbagai upaya misalnya menerapkan physical distancing.

Jaga kesehatan tubuh dengan berolahraga di rumah atau mengonsumsi makanan sehat. Isolasi diri jika kamu mengalami demam dan batuk yang disertai sesak napas.

Tingkatkan pula sistem imun keluarga dengan cara di bawah ini:


BACA JUGA: 5 Cara Tingkatkan Sistem Imun untuk Keluarga

keluarga