Belanja Sekarang!

Sistem imun nggak boleh disepelekan. Apalagi saat ini kita masih berjuang melawan pandemi COVID-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda akan segera menghilang.

Ditambah belakangan cuaca juga semakin tak menentu nih. Karenanya, kita perlu waspada dan memerhatikan kondisi tubuh kita.

Di bawah ini, HappyFresh sudah merangkum lima gejala yang bisa menjadi tanda-tanda jika sistem imunmu sedang menurun. Simak dengan baik yuk!

1. Sistem imun tubuh yang menurun bisa ditandai dengan cepat merasa lelah

sistem imun menurun

Jika kamu mudah merasa lelah meskipun sudah makan dan istirahat yang cukup, hal ini bisa jadi pertanda daya tahan tubuhmu sedang menurun. Pasalnya, saat imunitas tubuh menurun tubuh kita bekerja keras melawan bakteri.

2. Kamu juga sering mudah terkena flu

sistem imun menurun

Tanda lainnya adalah saat kamu mudah terkena flu. Kondisi yang wajar adalah saat seseorang terkena flu sebanyak 2 sampai 3 kali dalam setahun dan biasanya akan sembuh dalam waktu 3 sampai 4 hari.

Namun, jika kamu mengalami pilek lebih dari sepuluh hari, bisa jadi imun tubuhmu sedang menurun.

3. Sering mengalami masalah pencernaan

cara menjaga daya tahan tubuh

Masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit bisa menjadi salah satu gejala yang menunjukkan sistem imun tubuh sedang berada di kondisi yang tidak baik.
Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga yang teratur.

4. Terasa sulit menelan makanan

cara menjaga daya tahan tubuh

Tenggorokkan terasa sakit dan sulit menelan makanan? Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Hal ini bisa menandakan jika daya tahan tubuhmu juga sedang menurun.

5. Sering merasa demam ringan

sistem imun menurun

Jika dalam waktu yang berdekatan kamu sering mengalami demam ringan. Itu bisa menjadi pertanda jika imun tubuh sedang menurun. Segera konsultasikan ke dokter dan lakukan beberapa cara di bawah ini untuk meningkatkan sistem imun tubuh.


BACA JUGA: 5 Cara Tingkatkan Sistem Imun untuk Keluarga

keluarga