Install Sekarang!

Kamu sadar nggak sih sudah beberapa hari belakangan cuaca sering mendung? Tampaknya sebentar lagi kita akan memasuki musim hujan nih. Sebaiknya, mulai dari sekarang kita perlu menjaga kesehatan agar nggak mudah sakit dan aktivitas pun jadi tak terganggu khususnya saat menghabiskan waktu dengan keluarga. Simak 6 tips di bawah ini yuk agar kita tetap sehat selama musim hujan.

1. Penuhi kebutuhan vitamin C

asupan vitamin C di musim hujan

Vitamin C memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat membuat staminamu bertambah sehingga kamu nggak mudah kelelahan. Kamu bisa mendapatkan kandungan vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, kiwi dan lain sebagainya. Namun, kamu juga bisa mendapatkan tambahan asupan vitamin C dari suplemen. Jika kamu ragu ingin membeli suplemen, bisa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

2. Menjaga pola makan

makanan di musim hujan

Usahakan untuk menjaga pola makanmu dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan asupan nutrisi yang tinggi sehingga terhindar dari penyakit. Sebisa mungkin hindari pula untuk jajan di pinggir jalan karena saat musim hujan bakteri lebih mudah menyebar.

3. Perbanyak minum air mineral

hidrasi tubuh di musim hujan

Mungkin saat cuaca di luar dingin, biasanya kita nggak begitu merasa haus. Namun, perlu diingat dalam cuaca apapun tubuh kita perlu hidrasi. Karenanya, penting untuk memenuhi cairan dalam tubuh dengan perbanyak minum air mineral. Tak hanya itu, banyak minum air mineral juga dapat membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh.

4. Jaga kebersihan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat musim hujan bakteri jadi mudah menyebar. Untuk itulah kita juga perlu menjaga kebersihan khususnya saat berada di rumah. Lalu sering-seringlah mencuci tangan agar terhindar dari virus dan bakteri. Perlu diingat pula agar sebaiknya kamu jangan terlalu sering menyentuh wajah karena bakteri bisa masuk melalui hidung, mata dan mulut. Kamu bisa menghindarinya dengan membawa hand sanitizer saat beraktivitas. Biar lebih memudahkanmu, beli langsung aja di HappyFresh, klik di sini.

5. Minum teh herbal

teh herbal di musim hujan

Teh herbal dipercaya memiliki khasiat yang dapat meredakan gangguan kesehatan serta memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mencoba mengonsumsi teh dengan kandungan jahe dan madu untuk melegakan tenggorokkan.

6. Mengenakan pakaian hangat

pakaian hangat di musim hujan

Jika kamu banyak memiliki aktivitas di luar saat musim hujan, sebaiknya kenakan pakaian yang tetap membuat tubuh terasa hangat. Kamu bisa mengenakan jaket atau sweater saat berada di luar rumah. Pilih bahan yang tetap membuatmu terasa nyaman seperti flanel.


BACA JUGA: Musim Hujan? Beginilah Cara Mengobati Batuk Pada Bayi


Saat musim hujan terkadang membuat aktivitas belanja juga menjadi terganggu. Untung HappyFresh #SelaluBersama kamu dan siap membantu memenuhi stok dapur. Cukup dengan memilih supermarket favorit dan memasukkan produk-produk kebutuhanmu ke dalam troli. Semuanya akan langsung diantarkan ke rumahmu. Menariknya lagi, kamu bisa menggunakan beberapa promo seperti gratis ongkir, weekly deals dan lain sebagainya. Cobain sekarang yuk.