Install Sekarang!

Diabetes merupakan penyakit kronis yang memengaruhi banyak kehidupan seluruh orang di dunia. Penyakit ini bisa mengakibatkan komplikasi kesehatan yang serius seperti kebutaan, gagal ginjal, amputasi hingga kematian.

Penyakit diabetes memiliki 3 tipe, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan gestational.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh kurang atau nggak bisa sama sekali memproduksi insulin. Sampai saat ini masih belum diektahui dengan jelas penyebab diabetes tipe 1 ini. Namun, dilansir dari Alodokter, beberapa faktor seperti genetik, usia dan letak geografis dipercaya terkait dengan kondisi ini.

Lalu diabetes tipe 2 yang memengaruhi kemampuan tubuh yang tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Dibandingkan dengan diabetes tipe 1, penyakit diabetes 2 lebih banyak diderita oleh orang. Sedangkan diabetes gestational merupakan kondisi dimana tubuh tidak memproduksi cukup insulin untuk mengontrol gula darah selama kehamilan.

Dalam rangka memperingati hari diabetes sedunia, di sini kami menyediakan 5 cara mencegah penyakit diabetes di bawah ini.

1. Mengurangi konsumsi makanan manis dan karbohidrat olahan

cara mencegah penyakit diabetes

Mengonsumsi makanan manis dan karbohidrat olahan secara berlebihan bisa meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes. Beberapa makanan yang dimaksud dengan karbohidrat olahan seperti mie instan, keripiki, biskuit dan lain sebagainya. Sebaiknya pilihlah makanan rendah kalori dan rendah lemak serta tinggi serat. Mulailah ganti menu makananmu dengan perbanyak sayuran dan buah-buahan.

2. Rutinlah berolahraga

cara mencegah penyakit diabetes

Berolahraga secara rutin dapat membantu mengontrol gula darah, berat badan dan tekanan darah. Beragam aktivitas fisik seperti berenang, senam aerobik dan bersepeda dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Perbanyak minum air mineral

cara mencegah penyakit diabetes

Cara mencegah penyakit diabetes lainnya yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan memperbanyak minum air mineral. Rutin minum air putih bisa membantu mengendalikan asupan kalori dalam tubuh sehingga mencegah peningkatan berat badan secara berlebihan.

4. Berhenti merokok

cara mencegah penyakit diabetes

Banyak penelitian yang membuktikan jika merokok menjadi salah satu penyebab beberapa penyakit serius termasuk diabetes. Diketahui dari beberapa studi menyatakan jika perokok memiliki resiko besar terkena diabetes tipe 2.

5. Kelola stres dengan baik

cara mencegah penyakit diabetes

Tips sehat lainnya untuk mencegah penyakit diabetes adalah mengelola stres dengan baik. Stres bisa memicu pelepasan beberapa hormon yang dapat meningkatkan gula darah. Kamu bisa melakukan aktivitas-aktivitas sederhana seperti berendam air hangat atau memanjakan diri ke salon. Kamu juga bisa melakukan yoga yang dikenal manfaatnya untuk meredakan stres.


Baca juga: Rutin Konsumsi 7 Makanan Ini, Kesehatan Mata Pasti Terjaga!


Seperti pepatah yang sering kita dengar, “lebih baik mencegah daripada mengobati”, lebih baik perlahan namun pasti mulailah untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Penuhi pula kebutuhan harianmu dengan persediaan makanan sehat dan biarkan HappyFresh membantumu untuk urusan ini. Cukup dengan memilih supermarket favorit di aplikasi, pilih bahan kebutuhanmu dan rider akan mengantarkannya langsung ke depan rumah. Jangan lupa pula pakai promo-promo #HarvestTheDeals yang sedang berlangsung saat ini. Cek di aplikasi sekarang yuk.