Install Sekarang!

Gangguan kecemasan atau anxiety disorder mungkin masih jadi topik hangat di sekitarmu. Ada banyak pernyataan yang bermunculan mengenai hal ini sehingga menimbulkan pro dan kontra. Di sini kami nggak akan membahas lebih dalam mengenai hal tersebut karena gangguan kecemasan yang dialami setiap orang berbeda-beda. #BecauseYouMatter dan kami ingin ikut menolongmu mengurangi rasa cemas berlebihan, kami sudah mempersiapkan lima langkah sederhana yang bisa kamu coba jika hal tersebut tiba-tiba menghampirimu.

1. Latihan menarik nafas yang dalam

cara mengurangi gangguan kecemasan
Jika kamu terbiasa mengikuti olahraga yoga pasti sudah terbiasa dengan latihan menarik nafas yang dalam seperti ini. Cara ini bertujuan untuk membuat tubuh lebih relaks dan mengurangi rasa cemas. Cobalah untuk menarik nafas yang panjang selama 4 detik, lalu keluarkan perlahan-lama dengan hitungan yang sama.

2. Gunakan aromaterapi

cara mengurangi gangguan kecemasan
Aromaterapi bisa digunakan dalam bentuk apapun seperti minyak atau lilin. Pilihlah produk dengan wangi seperti lavender, chamomile, dan sandalwood yang bisa membuat pikiran lebih relaks.

3. Luangkan waktu 15 menit untuk jalan atau melakukan yoga

cara mengurangi gangguan kecemasan
Jika rasa cemas berlebihan masih tak kunjung berkurang. Cobalah untuk jalan-jalan sebentar selama 15 menit atau jika kamu di rumah melakukan yoga bisa jadi alternatif yang baik. Cara ini juga dapat menghilangkan stres.

4. Tuliskan hal-hal yang menganggu pikiran di sebuah jurnal

cara mengurangi gangguan kecemasan
Menuliskan hal-hal yang menganggu pikiranmu di sebuah jurnal bisa mengurangi rasa cemas berlebihan. Menulis bisa menjadi wadahmu untuk melampiaskan emosi yang terpendam.

5. Evaluasi pemicu rasa cemas

cara mengurangi gangguan kecemasan
Pikiran negatif yang menetap di kepala bisa berbahaya dan berdampak buruk pada situasimu. Saat keadaanmu lebih tenang, cobalah untuk mencari tahu asal pikiran negatif tersebut. Cari tahu hal apa yang menjadi pemicunya. Cara ini memang nggak mudah dan butuh proses. Namun begitu kamu sudah mendapatkan pemicunya, latihlah dirimu untuk selalu berpikir positif.


BACA JUGA: 5 Makanan Ini Dipercaya Mampu Tingkatkan Kesehatan Mental


Itulah kelima langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi gangguan kecemasan. Perlu diingat, jika dari kelima langkah diatas tidak bisa mengurangi rasa cemas berlebihmu, tak ada salahnya untuk mengunjungi dokter yang tepat. Tak perlu malu atau takut, semakin berani kamu menghadapinya semakin besar pula kemungkinanmu untuk sembuh dari hal ini.

Untuk sedikit mengurangi stresmu, serahkan urusan belanja grocery dengan HappyFresh. Tinggal pilih supermarket favorit dan masukkan barang-barang kebutuhanmu ke dalam troli. Personal shopper kami akan membantu memilihkan barang berkualitas dan pesananmu tersebut akan diantarkan langsung oleh rider ke rumah. Yuk, coba sekarang aplikasinya.