HappyFresh Incentive Banner

Buah merupakan salah satu makanan pendukung untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Biasanya di supermarket dan toko khusus buah telah disediakan beragam pilihan buah utuh dan buah potong segar. Buah potong segar menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi sendiri atau disajikan ke anggota keluarga dengan jumlah yang sedikit. Di sini HappyFresh ingin berbagi tips cara menyimpan buah potong segar dengan tepat agar lebih tahan lama.

1. Menyimpan buah potong agar tetap segar bisa menggunakan sari perasan lemon, jeruk nipis atau asam sitrat

perasan-lemon-untuk-buah-potong-segar

Buah-buahan dengan kandungan air yang banyak seperti apel dan pir biasanya cepat berubah warna menjadi kecoklatan jika dibiarkan beberapa waktu setelah dikupas. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggunakan perasan lemon atau bubuk asam sitrat. Perasan air lemon dapat menghambat oksidasi buah yang mencegah warna menjadi kecokelatan serta kehilangan kerenyahannya.

Caranya cukup dengan menyiramkan perasan air lemon di atas buah yang telah dipotong secara langsung. Setelah itu, simpanlah di kulkas. Dengan menggunakan cara ini, buah potong yang telah terlepas dari kulitnya bisa bertahan selama kurang lebih 12 jam, tanpa merubah warna dan rasanya.

2. Gunakan plastic wrap untuk membungkus buah potong

menyimpan-buah-anggur-dengan-plastic-wrap

Selain dengan menggunakan perasaan air lemon, ada cara yang lebih sederhana untuk menyimpan buah potong agar tetap segar, yaitu dengan plastic wrap. Cara ini sering dilakukan di Supermarket dan toko buah segar. Menyimpan buah dengan cara ini dapat bertahan hanya kurang dari 4 jam saja.

Slide 1
 

3. Merendam buah ke dalam air dingin

blueberry-direndam-air-dingin

Cara yang paling mudah untuk menyimpan buah potong adalah dengan merendamnya dalam air dingin. Dilansir dari Livestrong, proses oksidasi pada buah akan terhenti sementara. Pasalnya, air dingin akan menghambat udara yang menyebabkan perubahan warna pada buah dan mempertahankan enzim yang terdapat di buah sehingga tidak akan mengubah rasa dari buah. Cara ini dapat menjaga buah potong tetap segar selama kurang lebih 6 jam.

4. Menggunakan cuka dan gula

gula-kelapa-untuk-menyimpan-buah-potong-segar

Cuka dan gula juga dapat digunakan untuk menyimpan buah potong tetap segar. Cukup campurkan cuka dan gula hingga keduanya larut dan tuangkan ke buah yang telah dipotong dan simpan di kulkas.

Perlu diketahui jika cara ini dapat mengubah sedikit rasa namun warnanya akan tetap sama. Cuka dan gula dapat membuat buah potong bertahan lebih lama sampai beberapa hari.

Itulah empat tips menyimpan buah agar tetap segar seperti di toko buah. Kini kamu nggak perlu khawatir lagi untuk menyimpan buah potong.

Jika kamu terbentur aktivitas yang padat untuk pergi ke toko buah segar, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada banyak toko buah segar online sehingga kamu dapat dengan mudah belanja online buah segar salah satunya adalah HappyFresh.

Tidak seperti toko-toko buah segar online lainnya, HappyFresh bekerjasama dengan beberapa supermarket yang telah dikenal dengan kesegaran dan kelengkapan buah-buahan yang ditawarkan, bahkan lebih lengkap dan segar dari toko buah segar di Jakarta pada umumnya.

Pesan buah di aplikasi HappyFresh akan dibantu oleh personal shopper yang sudah terlatih memilihkan buah dan produk lainnya sesuai prefernsimu. Mau coba belanja di HappyFresh sekarang? Klik tombol di bawah ini yuk!

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: Ingin beli buah-buahan segar? Cek 4 Tips Ini Dulu!  

HappyFresh-buah-segar-apel


Referensi: