Install Sekarang!

Tradisi mudik di pekan libur lebaran yang sudah dinanti-nanti banyak orang akhirnya tiba. Setelah mengunjungi sanak saudara, jangka libur lebaran yang cukup panjang pas banget diisi dengan menjelajah nusantara. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia gak pernah surut destinasi seru untuk dikunjungi, jadi sebelum kita kembali ke rutinitas, gak ada salahnya singgah sejenak.

Kali ini, HappyFresh akan berbagi tentang beberapa destinasi libur lebaran dalam negeri yang bisa kamu kunjungi. Sudah pernah ke tempat-tempat ini sebelumnya? Atau mungkin salah satu lokasi ini adalah kampung halamanmu sendiri? Yuk, kemas barangmu dan kunjungi 5 kota ini!

  • Surabaya

lebaran di surabaya

Salah satu kota terbesar di Indonesia ini punya banyak objek wisata dan kekayaan budaya menunggu mereka yang berkunjung. Jangan lewatkan indahnya pemandangan dari Jembatan Suramadu, dan kunjungi juga objek-objek wisata kota pahlawan lainnya seperti monumen kapal selam, Taman Bungkul, hingga basah-basahan di Ciputra Waterpark. Selain itu, kualitas udara di Surabaya terbukti lebih bersih dibanding kota-kota besar lainnya dengan kadar polusi di bawah 50% lho!

  • Bali

Pulau ini memang sudah tidak asing terdengar baik di telinga turis lokal maupun mancanegara. Selama musim libur lebaran, kota pusat di Bali atau Denpasar gak pernah surut pengunjung. Mulai dari cantiknya hamparan sawah-sawah di Ubud, hingga nuansa ketenangan yang kental di Canggu, libur lebaranmu gak akan terasa membosankan di pulau Dewata. Matahari yang menyinari Bali terkenal lebih gersang di banding kota-kota di pulau Jawa. Maka dari itu, jangan lupa siapkan sunblock  ya!

  • Batam

lebaran di batam

Kota yang dikenal sebagai perbatasan antara Indonesia dan Singapura ini dipadati turis dari seluruh nusantara dan negara tetangga. Selama di Batam, jangan lupa untuk jalan-jalan di Pantai Nongsa, belanja di Nagoya atau Jodoh, hingga wisata sejarah di Pulau Galang untuk jelajahi sejarah kerajaan Riau. Ini hanya beberapa dari daya tarik Batam, sisanya menunggu kamu untuk temukan sendiri saat sudah injakkan kaki di kota pelabuhan ini.

  • Jogjakarta

lebaran di jogja

Belajar budaya sembari libur lebaran? Tentu bisa! Jogja yang terkenal dengan jalan Malioboro dan jajanan pasarnya yang ciamik jadi salah satu destinasi favorit banyak orang saat berlibur. Kunjungi Gardu Pandang Kaliurang bersama orang terkasih untuk lihat sendiri panorama pemandangan indah dihiasi lampion di langit Jogja. Selain itu, Gunung Merapi yang jadi salah satu ikon Jogja punya stonehenge versi sendiri yang gak kalah keren dengan yang ada di Inggris, lho. Jangan lupa, jika kamu berkunjung ke daerah sekitar Merapi, kemas masker di tas untuk hindari menghirup belerang.

  • Belitung

lebaran di belitung

Pulau yang terkenal dengan air beningnya ini mulai kondang di masyarakat setelah jadi lokasi syuting Laskar Pelangi beberapa tahun silam. Pantai-pantai Belitung yang minim pencemaran pas banget untuk dijadikan destinasi libur kali ini. Singgah di pantai Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi, hingga Museum Kata dedikasi penulis Andrea Hirata yang merupakan salah satu museum literatur pertama di tanah air. Karena udara lautan yang tak tertebak antara lembab dan kering, jangan lupa lindungi rambutmu dengan hair vitamin agar tak rusak ya!

5 kota di atas hanya segelintir dari kota-kota lain yang tentunya gak kalah seru untuk dijelajahi. Psst, sebelum berangkat, HappyFresh juga punya tips untuk mudik nyaman bersama anak, lho! Selamat berpetualang!


Baca juga: Mudik Bareng si Kecil? Ikuti Tips Ini Dulu!


Seringkali libur lebaran ditandai dengan arus lalu lintas yang padat, dan ini bisa jadi salah satu faktor penghalang kamu belanja kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai kulkas kosong di pekan lebaran, biar HappyFresh yang urus belanjaan. Jangan lupa download aplikasinya!