HappyFresh Promo

Suka makan bolu kukus? pernah bikin tapi gagal? Tenang aja, di sini HappyFresh akan memberikan tips cara membuat bolu kukus mekar sempurna. Resep bolu kukus ini mudah dipratikkan di rumah.

Nggak cuma tips cara membuat bolu kukusnya yang lengkap, semua bahan-bahan untuk membuatnya pun kamu bisa membelinya di supermarket terdekat tanpa harus keluar uang bensin dan parkir.

Caranya? pakai aplikasi HappyFresh aja. Coba klik tombol di atas. Nah, untuk resep bolu kukus yang lengkap scroll terus sampai bawah yah.

Resep bolu kukus

resep bolu kukus mekar

Persiapan: 10 menit |Waktu memasak: 45 menit |Porsi: 6-9

Belanja Sekarang!
cara membuat kue
cara membuat kue
Heading layer
Slide
 

Cara membuat bolu kukus mekar:

  1. Dalam mangkuk, campurkan telur, kuning telur, dan gula pasir.
  2. Ratakan dengan mixer dengan kecepatan tinggi selama setengah jam hingga adonan jadi putih dan kental.
  3. Campur tepung terigu secara bertahap dengan mikser masih dinyalakan dan tuang air soda hingga rata. 
  4. Pisahkan sekitar 100 ml adonan dan campur dengan pewarna makanan sesuai seleramu.
  5. Dalam dandang, didihkan air di atas api besar. Bungkus dan tutup dandang dengan kain.
  6. Di mangkuk cetakan kue bolu, masukkan cetakan kertas. Tuang adonan ke dalam cetakan kertas hingga ½ penuh dan campur 1 sdt adonan dengan pewarna makanan.
  7. Taruh cetakan berisi adonan ke dalam dandang dan kukus selama 20 menit dalam keadaan ditutup rapat.
  8. Buka tutup dandang dan lepaskan kue dari cetakan kue bolu. 
  9. Kue bolu siap disajikan.

Nah, resepnya mudah banget diikuti kan? Tentunya selalu ada cara untuk bikin resep kue bolumu semakin ciamik. Maka dari itu, yuk intip juga tips tambahan sebelum kamu coba resepnya di bawah ini:

Tips agar bolu kukus mekar:

  1. Manfaatkan suhu ruang

Jangan gunakan telur yang masih terlalu dingin saat membuat adonan bolu. Perhatikan suhu dari bahan-bahan yang akan kamu pakai dan pastikan sudah dalam suhu ruang agar bolu tidak jadi bantat. 

  1. Jangan malu-malu pakai gula

Ada yang lebih suka bolu yang tak terlalu manis, tapi pemakaian gula dalam bolu memang harus cukup banyak dibanding resep kue lain. Tujuan dari penggunaan gula dalam bolu tak lain adalah supaya adonan bolu dapat dikocok hingga benar-benar kental. Tanpa gula, hal ini akan lebih susah dicapai.

  1. Pentingnya penggunaan mixer kecepatan tinggi

Adonan utama yang berbahan gula dan telur harus dikocok dengan mixer kecepatan tinggi agar mengembang dan berwarna pucat. Jika terlewat, hasil akhir bolu akan jadi bantat dan tidak mengembang. 

  1. Dandang jangan sampai kepenuhan

Dalam proses pengukusan, beri jarak antar cetakan supaya bolu punya cukup ruang untuk mengembang. Saran HappyFresh, masukkan maksimal 6 cup bolu dalam satu kali kukus saja.

  1. Beri waktu 15 menit per kukus

Sama seperti proses pencampuran, beri waktu yang cukup untuk bolu mengembang dalam kukusan selama 15 menit. Selain itu, hindari buka-tutup dandang kecuali ketika bolu benar-benar matang, ya.

Itu dia beberapa tips beserta resep bolu kukus dari HappyFresh! Jangan lupa, apapun bahan yang kamu butuh untuk resep di atas, HappyFresh siap belanjain lewat beberapa sentuhan di aplikasi aja. Selain itu, ada diskon Rp 50 ribu dan gratis ongkir untuk pesanan pertamamu, lho. Yuk, download aplikasinya!

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: Cobain Bikin Bolu Marmer Lembut Ini Biar Mertua Makin Sayang

HappyFresh_Cara_Membuat_Bolu_Marmer_Lembut


Referensi: