Siapa tak kenal cemilan si manis renyah ini? Selain ketupat, nastar juga merupakan salah satu menu kue khas Lebaran yang ditunggu-tunggu. Kue ini masuk pada jajaran kue kering terfavorit di Indonesia, dan Lebaran belum terasa lengkap tanpa kue yang satu ini.

Bagaimana sebenarnya asal-muasal cerita dibalik kepopuleran kue nastar? Sudah dikenal sejak zaman kolonial, nama nastar berasal dari kata ananas dan tart, yang digabung menjadi nastar. Awalnya, resep nastar terinspirasi dari pai khas Eropa yang berisi apel, atau selai bluberi dan stroberi. Tapi, karena buah-buahan tersebut sulit didapat di Indonesia, diganti jadi nanas. Selain itu, pai Eropa yang cenderung besar dimodifikasi jadi ukuran bulat kecil dalam bentuk nastar sehingga lebih mudah untuk disantap. Kalau dulunya nastar hanya disantap oleh kalangan kelas atas, sekarang nastar menjadi cemilan merakyat yang selalu hadir di Hari Raya.

Nah, kali ini HappyFresh mau berbagi resep nastar ciamik untukmu. Ngga usah repot belanja bahan-bahannya, karena semua keperluan untuk membuat kue nastar bisa diantar ke rumahmu di hari yang sama! Sebelum lanjut ke resep, berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan adonan nastar:

Bahan selai nanas:

Bahan polesan:

Beli Bahannya Sekarang

Kalau sudah siap semua bahan-bahannya, yuk langsung ikuti resep di bawah ini!

resep nastar kue kering lebaran

Resep selai nanas:

  1. Blender nanas, dan masak hingga air tiris.
  2. Tambahkan gula pasir, kayu manis, dan air lemon.
  3. Aduk terus dan bentuk bulat-bulat kecil untuk dimasukkan ke dalam adonan nastar.

Resep adonan nastar:

  1. Kocok rata margarin, butter, vanili, dan gula.
  2. Tambahkan 2 butir kuning telur ke adonan dan aduk rata.
  3. Campurkan susu bubuk, terigu, maizena, dan keju edam.
  4. Aduk adonan merata hingga semua bahan menyatu, dan bentuk adonan jadi bulat.
  5. Isi dengan selai nanas, dan bakar dalam oven dengan suhu 150 derajat celsius hingga setengah matang (12 menit)
  6. Poles bagian atas nastar dengan kuning telur dan madu.
  7. Masukkan kembali ke oven sekitar 5 menit.
  8. Keluarkan, dan poles kembali dengan madu. Taburkan keju cheddar parut, dan bakar kembali dengan suhu 150 derajat.
  9. Nastar siap disajikan!

Tips tambahan untuk nastar renyah:

  • Agar nastar gak pecah-pecah, hindari aduk adonan dengan tangan. Gunakan alat yang lebih halus seperti spatula karet.
  • Isi selai secukupnya. Setelah selai disebar di tengah nastar, tutup rapat dengan adonan. Pasalnya, kalau gak begini, selai bisa meluap keluar saat masuk oven dan meretakkan permukaan nastar.
  • Tata nastar di loyang dengan jarak yang cukup. Adonan nastar akan menggembung sedikit saat terkena panas. Kalau sampai lupa, bisa-bisa nastar nempel semua nanti!
  • Manfaatkan gula pasir yang halus dan mudah larut saat proses buat adonan. Kalau gula pasir terlalu kasar, bisa jadi ada bulir-bulir yang tidak tercampur saat adonan diolah.
  • Oles kuning telur sedikit dulu saat pertama masuk oven, lalu oleskan lagi secara keseluruhan saat masuk kembali. Dengan ini, warna nastar akan lebih kuning keemasan dan tidak pucat.

Mudah banget kan untuk membuat kue nastar? Jangan lupa, beli bahan-bahannya tanpa repot di semua supermarket favoritmu yang ada di aplikasi HappyFresh. Belum punya aplikasinya? Klik di bawah untuk download! 

Download Aplikasi