Install Sekarang!

Halo, HappyFresher! Tidak terasa ya bulan Ramadhan sudah hampir tiba. Pastinya, menyenangkan banget bisa sahur dan berbuka puasa bersama dengan seluruh anggota keluarga, termasuk si kecil yang masih belajar puasa.

Nah, bagi HappyFresher yang masih berusaha mendidik anak untuk berpuasa satu hari penuh, yuk simak 7 cara mengajarkan puasa pada anak di bawah ini!

1. Jelaskan makna puasa
Ada baiknya untuk mencoba menjelaskan makna dan hikmah di balik berpuasa di bulan Ramadhan. Pastinya, dengan bahasa yang mudah dimengerti anak dan cara yang menyenangkan. Contohnya, dengan cara menceritakan dongeng-dongeng mengenai makna bulan suci Ramadhan.

2. Jelaskan manfaat puasa
Tidak hanya dari segi agama, HappyFresher juga bisa menjelaskan manfaat berpuasa dari segi kesehatan yang tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami si kecil. Agar semakin menarik, ceritakan pada anak bagaimana puasa dapat menyehatkan perut mereka.

3. Buat suasana sahur yang menyenangkan
Membangunkan si kecil untuk sahur memang menjadi tantangan tersendiri. Namun, coba buat suasana sahur yang menyenangkan agar si kecil bisa semangat bangun dari rasa kantuknya. Nah, sebagai orangtua, kamu pasti tahu bagaimana cara membuat anak ceria dan bersemangat.

4. Buat menu sahur kesukaan anak
Untuk membujuk anak agar makan sahur, buatlah makanan sahur yang sesuai dengan kesukaan anak anda. Agar, mereka dengan semangat beranjak dari tempat tidur ke meja makan. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan gizi yang sebenarnya dibutuhkan oleh anak.

5. Apresiasi setiap pencapaian anak
Saat si kecil belajar berpuasa, mereka mungkin tidak langsung mampu berpuasa seharian penuh. Pada awalnya, anak mungkin hanya bisa bertahan sampai pukul 9 pagi, 12 siang, atau 3 sore. Tidak ada salahnya, selama anak masih berusaha dan mencoba. Apapun pencapaian anak, berilah apresiasi dengan kata-kata yang positif.

6. Buka bersama teman-teman sebayanya
Di bulan suci Ramadhan ini, merupakan kesempatan yang baik bagi anak untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasinya. Ada baiknya untuk mengajak anak berbuka puasa bersama di Masjid atau bersama dengan teman-teman sebayanya.

7. Berikan contoh pada anak
Cara mendidik yang paling baik ialah dengan memberi contoh. Berilah anak contoh untuk berpuasa dan memperbanyak amal baik di bulan suci Ramadhan.

Nah, begitulah cara mengajarkan puasa pada anak, HappyFresher! Jangan lupa, saat mau menyiapkan menu favorit si kecil sahur, belanjanya ya di HappyFresh.