promo new user

Di tahun baru Imlek 2020 sudah menjadi tradisi masyarakat Tionghoa untuk mempersiapkan hari raya ini dari jauh-jauh hari. Mulai dari membersihkan rumah, mempersiapkan angpao Imlek hingga sajian khas menjadi ritual yang nggak boleh dilewatkan. Jika kamu penasaran dengan ragam tradisi unik masyarakat Tionghoa ini, coba baca selengkapnya di sini ya.

1. Membersihkan rumah sebelum imlek

perayaan tahun baru imlek

Membersihkan rumah menjadi tradisi yang telah dijalankan sejak lama. Masyarakat Tionghoa percaya jika membersihkan rumah berarti membuang segala keburukan. Tradisi ini biasanya dilakukan dua hari sebelum Imlek.

2. Dekorasi bernuansa warna merah untuk merayakan tahun baru imlek 2020

dekorasi tahun baru imlek 2020

Tradisi lainnya yang identik dengan Imlek yaitu dekorasi bernuansa serba merah. Hal ini dilakukan karena warna merah dianggap melambangkan keberuntungan dan kesejahteraan.

3. Menyajikan hidangan khas Imlek jadi santapan wajib di perayaan tahun baru Imlek

makanan khas imlek

Tak lengkap rasanya merayakan hari spesial tanpa sajian yang nikmat. Saat tahun baru Imlek, kue keranjang, mie panjang umur, pangsit hingga jeruk menjadi sajian wajib yang harus dihidangkan. Berbagai makanan ini memiliki makna sendiri, misalnya seperti jeruk yang melambangkan kemakmuran dan kekayaan. Nah, biar kamu lebih mudah belanja untuk persiapan sajian Imlek coba pakai HappyFresh aja. Klik di bawah ini untuk belanja.

Belanja Sekarang!

4. Membagikan angpao sambil memberikan ucapan Imlek

angpao imlek

Bagi anak-anak pembagian angpao menjadi momen yang paling dinantikan. Dilansir dari Wikipedia, tradisi memberikan uang dalam amplop merah ini melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik. Pemberi angpao biasanya merupakan pasangan yang sudah menikah sambil memberikan ucapan Imlek. Sedangkan, penerima angpao seharusnya yang belum menikah atau anak kecil.

5. Menyalakan petasan dan kembang api

pertunjukkan kembang api

Menyalakan kembang apai dan petasan rupanya bukan sekadar bentuk perayaan saja. Kegiatan ini berasal dari legenda monster nian sekitar 2000 tahun lalu. Pada zaman itu, orang-orang membakar bambu untuk mengusir setan.

6. Melakukan tradisi yu sheng di malam tahun baru imlek

makanan khas Imlek

Tradisi Yu Sheng atau Yee Shang merupakan prosesi mengaduk seluruh bahan-bahan makanan yang terdiri dari ikan salmon, wortel, dan lobak di dalam satu piring. Prosesi ini dipercaya sebagai simbol pelimpahan, prospektif, dan semangat.

 

7. Menyaksikan pertunjukkan barongsai

pertunjukkan barongsai

Pertunjukkan barongsai telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Tionghoa ribuan tahun yang lalu dan sering dihadirkan dalam berbagai acara seperti pernikahan, pembukaan toko dan festival. Barongsai menjadi simbol kekuatan, kebijaksanaan, dan keberuntungan. Selain itu, barongsai dipercaya dapat mengusir setan, membawa kebahagian dan umur panjang.

8. Mengenakan pakaian baru

Tradisi lainnya untuk merayakan Imlek, yaitu masyarakat Tionghoa harus mengenakan pakaian baru sebagai lambang dari awal serta harapan baru. Namun, belakangan masyarakat Tionghoa yang telah beranjak dewasa sudah tak mengikuti tradisi ini lagi. Hanya anak-anak kecil yang biasanya disediakan oleh orangtua mereka.

9. Menempelkan gambar dewa penjaga pintu

Gambar dewa yang harus dipasang saat Imlek

Tradisi tahun baru Imlek lainnya adalah memasang gambar Dewa Penjaga Pintu. Ritual ini dipercaya untuk mengusir roh jahat dan menjaga rumah agar tetap aman. Selain itu, Dewa Penjaga Pintu juga dianggap membawa berkah, umur panjang, kesehatan dan kedamaian.

Dari sembilan tradisi dan ritual tahun baru imlek di atas, nomor berapa yang masih dilakukan di keluargamu? Atau masih ada tradisi yang belum disebutkan di atas? Bagikan ceritamu dengan kami yuk.

Biar persiapan untuk menyambut Imlek lebih lancar, urusan belanja kebutuhan dapur atau rumah serahkan ke HappyFresh aja. Belanja lebih nyaman dan hemat dengan berbagai diskon menarik. Cek selengkapnya di bawah ini.

Cek Diskon Terbaru!

BACA JUGA: Mudah! Resep Kue Ku Tradisional Spesial Imlek

resep kue ku imlek

 


Referensi: