HappyFresh Incentive Banner

Nggak cuma orang dewasa, pilek juga bisa menyerang bayi. Di sini HappyFresh akan membahas penyebab pilek, perbedaan flu dan pilek, obat pilek bayi serta cara mengatasi bayi pilek yang mudah dilakukan di rumah. Sebagian dari kita pasti pernah mengira flu dan pilek adalah kondisi yang sama. Nyatanya nih, kedua kondisi ini sangat berbeda.

Melansir dari hellosehat  yang mengutip dari situs American College of Allergy, Asthma, and Immunology beberapa penyebab pilek adalah:

  • udara dingin atau kering
  • alergi
  • rhinitis non-alergi
  • sinusitis akut atau kronis
  • perubahan hormon tubuh, dan obat-obatan tertentu.

Sedangkan flu sudah pasti penyebabnya adalah virus influenza. Gejala flu biasanya lebih berat dibandingkan pilek, misalnya seperti demam, sakit kepala, batuk kering, nyeri otot, mual dan muntah. Sementara pilek gejalanya seperti bersin, batuk, meler, dan sakit tenggorokkan. Nah, pilek pada bayi biasanya ditandai dengan munculnya ingus yang terlalu banyak.

Cara mengatasi bayi pilek di rumah

1. Pastikan bayi istirahat yang banyak

baby-sleep-with-doll-cara mengatasi bayi pilek

Sama halnya dengan orang dewasa, pilek bisa diatasi secara efektif dengan istirahat yang banyak. Mengutip dari alodokter, hal ini dikarenakan saat tidur sistem imun tubuh si Kecil dapat bekerja lebih maksimal melawan virus atau kuman penyebab pilek.

2. Menyalakan pelembap udara

humidifier-baby-room-mengatasi-pilek-pada-bayi

Menggunakan pelembap udara juga dapat meredakan pilek dan melegakan pernapasan di Kecil. Namun, perlu diingat untuk mengganti filter pelembap udara jika sudah kotor.

3. Atur posisi tidur bayi

newborn-baby-sleep-cara-mengatasi-bayi-pilek

Posisikan kepala bayi lebih tinggi dari tubuhnya agar si Kecil lebih nyaman saat tidur. Oleskan pula minyak telon agar bayi lebih hangat dan meringankan pernapasannya yang tersumbat.

4. Menggunakan alat penyedot ingus

Cara mengatasi bayi pilek juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat penyedot ingus. Alat ini digunakan jika ingus bayi tidak keluar setelah diberikan obat semprot.

5. Pastikan si Kecil mendapatkan cairan yang cukup

Pada bayi yang masih menyusui pastikan Ibu rutin memberikan ASI secara rutin. Jika si Kecil telah berusia lebih dari satu tahun, Ibu juga bisa memberikan air putih hangat yang dicampurkan madu.

Itulah kelima cara mengatasi bayi pilek yang bisa dilakukan di rumah. Perlu diingat untuk tidak memberikan sembarang obat pilek bayi. Konsultasikan ke dokter jika pilek bayi tak kunjung sembuh.

Beli Kebutuhan Bayi!

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Diare Pada Bayi. Bunda Wajib Tahu!

cara mengatasi diare pada bayi


Referensi: