HappyFresh Incentive Banner

Cek Diskon Terbaru!

Nggak hanya terjadi pada orang dewasa, diare juga bisa dialami si Kecil. Jika tidak ditangani dengan tepat, diare juga bisa berbahaya, Bun. Di sini HappyFresh ingin berbagi informasi mengenai penyebab diare, cara mengatasi diare pada bayi, dan obat diare untuk bayi. Yuk, simak dengan baik Bun!

Penyebab Bayi Diare

Mengutip dari Alodokter, penyebab bayi diare ada berbagai hal seperti alergi terhadap makanan atau obat tertentu, terlau banyak mengonsumsi jus buah, keracunan makanan, gastroenteritis (flu perut), dan infeksi usus.

Gejala diare yang muncul pada bayi

cara mengatasi diare pada bayi

Ada beberapa gejala diare yang mudah dikenali seperti muntah-muntah, si Kecil sering BAB dalam sehari, tekstur feses lebih cair dan berbau tajam. Si Kecil biasanya juga akan lebih rewel, bibirnya kering, dan bagian bawah mata terlihat lebih cekung.

Cara mengatasi diare pada bayi

1. Berikan ASI pada si Kecil

cara mengatasi diare pada bayi

Jika buah hati masih berusia di bawah 6 bulan, Bunda dapat memberikan ASI. Kandungan nutrisi dalam ASI dapat menggantikan cairan yang hilang saat si Kecil mengalami diare. Tak hanya itu, ASI juga mengandung antibodi yang mampu melawan virus penyebab bayi diare dan bakteri.

2. Lanjutkan dengan memberikan cairan rehidrasi oral

obat diare untuk bayi

Selain pemberian ASI, Bunda juga disarankan untuk memberikan cairan rehidrasi oral seperti oralit. Kini telah tersedia oralit dengan rasa yang lebih enak untuk dicerna si Kecil, Bunda pun bisa mendapatkannya di apotek terdekat.

3. Hindari dulu memberikan makanan berserat tinggi untuk bayi 6 bulan ke atas

cara mengatasi diare pada bayi

Jika buah hati Bunda sudah memasuki tahap MPASI sebaiknya hindari dulu memberikan jus buah karena hanya membuat feses si Kecil menjadi lebih cair. Bunda bisa berikan bubur, kentang, ubi, telur matang, sup, daging sapi, ayam, dan ikan yang dimasak matang.

Itulah cara mengatasi diare pada bayi, jika si Kecil mengalami diare yang membuatnya kehilangan banyak cairan sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan obat diare untuk bayi. Jangan sepelekan diare pada si Kecil, tangani dengan cepat dan tepat.

Untuk urusan kebutuhan rumah tangga yang cepat, HappyFresh solusi yang tepat. Saat Bunda sibuk mengurusi si Kecil, Personal Shopper HappyFresh akan memilihkan produk pesanan sesuai kebutuhan. Lalu, semua belanjaan Bunda akan diantarkan oleh Rider HappyFresh menuju rumah dengan aman. Yuk, belanja sekarang, Bun!

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Susu Formula untuk Bayi dari 0-12 Bulan

susu formula untuk bayi


Referensi: