Install Sekarang!

Saat ini beragam jenis beras bermunculan di tengah-tengah masyarakat dengan kualitas yang beragam. Mulai dari kualitas rendah dengan harga murah, hingga beras dengan kualitas yang disertai harga yang lumayan mahal. Kalau yang terakhir ini tentu wajar yah bu. Namun seperti yang kita ketahui, tidak sedikit pedagang yang menghalalkan cara apapun untuk mengeruk keuntungan lebih. Tidak jarang mereka menggunakan cara curang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan tersebut.

Sebagai ibu cerdas untuk keluarga di rumah, kamu harus teliti ketika membeli bahan-bahan makanan.
Jangan sampai kamu tergiur oleh harga murah namun justru dapat mengancam kesehatan. Termasuk dalam hal membel beras

Untuk menghindari salah pilih beras, kami ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan.

Cara memilih kualitas beras ini bisa kamu terapkan ketika hendak membeli beras. Agar beras yang kamu beli merupakan beras berkualitas dan sehat. Sehingga tidak membahayakan kesehatan kamu dan keluarga tercinta.

Berikut ini tips memilih atau membeli beras yang berkualitas dan sehat.

1. Perhatikan penampilan beras yang akan kamu beli

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli beras yang kamu pilih, maka sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu penampilannya. Kamu harus memilih beras putih yang bersih, bebas dari kerikil, kotoran dan kutu. Kamu juga harus menghindari memilih beras yang terlalu putih, karena saat ini banyak beras yang mengandung pemutih dan berbahaya untuk kesehatan.

2. Jangan percaya pada beras berharga murah

Ketika membeli beras, pastikan kamu beli beras dengan harga yang wajar atau mengikuti harga di pasaran. Namun, kamu harus berhati-hati dengan beras berharga miring atau cukup murah. Karena takutnya beras tersebut memiliki kualitas yang tidak baik atau bahkan dicampur dengan bahan-bahan lainnya yang tidak aman.

3. Perhatikan tekstur beras

Ketika kamu memilih beras, maka kamu harus memastikan bahwa beras yang kamu pilih tidak mudah hancur atau patah ketika ditekan, karena beras yang mudah patah dan hancur ketika ditekan, itu berarti beras tersebut kondisinya sudah tidak baik. Hal ini juga mendadakan bahwa beras tersebut merupakan beras pulen yang akan menghasilkan nasi pulen yang nikmat.

4. Cium aroma beras yang akan kamu beli

Kamu harus memastikan bahwa kamu tidak mencium beras dengan bau yang sudah apek. Karena jika bau tersebut tercium, maka itu pertanda bahwa beras tersebut sudah terlalu lama disimpan. Selain itu, kamu juga harus menghindari beras yang memiliki aroma terlalu harum, karena bisa jadi aroma yang keluar berasal dari pewarna buatan.

5. Remas remas berasnya

Selain itu, kamu juga harus meremas beras yang akan kamu beli. Jika beras pada saat itu menempel pada tangan ketika diremas, maka bertanda beras tersebut mengandung pelicin. Dengan kata lain, kamu harus menghindari beras yang mudah menempel di tangan kamu.

Itulah kelima tips memilih atau membeli beras yang berkualitas dan sehat. Untuk lebih mudahnya kamu dapat membeli beras di supermarket-supermarket besar yang sudah dipercaya.

Namun jika kamu tidak memiliki waktu untuk berbelanja beras ke supermarket, kamu bias membelinya di HappyFresh loh. Cukup memesan jenis beras yang kamu inginkan dari smartphone kamu, maka beras akan diantar ke rumah.

Selain menghemat waktu, HappyFresh telah bekerjasama dengan banyak supermarket besar yang terpercaya. Sehingga beras-beras yang kamu beli terjamin kualitas dan kesehatannya. Ditambah lagi dengan pilihan jenis beras yang sangat lengkap. Mulai dari beras jenis local hingga mancanegara dapat kamu temukan di HappyFresh. Sangat mudah dan simple kan!