Install Sekarang!

Apakah Kamu adalah seseorang yang suka dengan daging ikan? Ikan memang merupakan salah satu makanan yang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tapi sayang, saat ini banyak produsen ikan nakal yang menggunakan bahan kimia formalin agar ikan lebih awet dan terlihat lebih menarik.

Seperti yang kita tahu, formalin merupakan salah satu bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Agar tubuh tetap sehat saat mengkonsumsi ikan, pastikan bahwa Kamu memilih dan membeli ikan yang sehat tanpa bahan pengawet formalin di dalamnya. Inilah beberapa cara memilih ikan segar tanpa pengawet:

Waspadai Aromanya

Ikan yang tidak mengandung bahan pengawet cenderung memiliki aroma khas yang kurang sedap. Saat membeli ikan, pastikan bahwa ikan tersebut masih memiliki aroma khas tersebut. Ikan yang tidak memiliki aroma ini merupakan ciri-ciri ikan berformalin.

Perhatikan Tekstur Daging Ikan

Cara memilih ikan segar tanpa pengawet yang kedua adalah dengan memeriksa tekstur daging ikan. Biasanya dengan tekstur daging yang mudah rusak atau lebih lunak. Pilihlah ikan jenis ini. Hindari memilih ikan yang memiliki daging alot dan keras. Ikan dengan tekstur alot dan keras tidak jarang mengandung formalin dan bahan kimia lain yang berbahaya.

Amati Warna Ikan

Untuk ikan yang tidak mengandung bahan kimia biasanya memiliki warna yang tidak menarik dan cenderung lebih gelap kecoklatan atau bahkan cenderung hitam. Ikan yang memiliki warna normal ini adalah ikan sehat tanpa bahan pengawet. Perlu Kamu tahu, pada ikan yang memiliki warna bersih dan putih, selain mengandung formalin ikan ini juga mengandung pemutih. Jadi, saat membeli ikan perhatikan selalu warna ikan.

Lihat Apakah ada Lalat?

Cara mengetes ikan berformalin yang paling mudah adalah melihat lalat. Tentu cara ini hanya opsional, hal ini adalah cara tradisional ketika membeli ikan, lihat adakah lalat yang menghinggapi ikan tersebut. Jika ada lalat yang menghinggapinya, hal ini bisa menunjukkan bahwa ikan tersebut bebas bahan pengawet. Pada dasarnya, lalat tidak akan mau makanan yang mengandung bahan kimia.

Itulah kelima cara memilih ikan segar tanpa pengawet. Jika kamu masih belum percaya diri juga dalam memilih daging ikan di pasar, kamu bisa mempercayakannya kepada HappyFresh. HappyFresh memiliki personal shopper profesional yang telah terlatih dan berpengalaman dalam memilih daging ikan segar.

Mereka dengan teliti akan memilihkan daging ikan pesanan kamu dengan sangat teliti. Sehingga kamu akan menerima daging ikan yang paling segar untuk kamu olah dan nikmati! Yuk belanja di HappyFresh